Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul
Ilustrasi WhatsApp. [Pixabay]
16:24
25 Pebruari 2024

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Berikut adalah cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul terupdate 2024. Hanya butuh beberapa pengecekan untuk membuat notifikasi di WhatsApp Anda kembali muncul. Cek tutorial WhatsApp ini.

WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang populer dan gratis untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega di ponsel pintar Android, iPhone, dan perangkat Windows.

Anda akan mendapatkan notifikasi dari sistem ketika ada yang mengirimi Anda pesan. Meski sederhana, namun notifikasi menjadi fitur penting dalam sebuah ponsel.

Sebab dengan adanya notifikasi, maka Anda akan tahu kapan ada pesan masuk. Dengan demikian, Anda bisa segera membaca dan membalasnya, apalagi jika itu penting.

Namun terkadang, beberapa pengguna WhatsApp bingung lantaran notifikasi pesan mereka tidak aktif. Imbasnya, pengguna perlu membuka WhatsApp untuk melihat apakah ada pesan yang masuk atau tidak, dan itu sangat merepotkan.

Nah buat Anda yang sedang mengalami masalah ini, coba lakukan pengecekan beberapa hal berikut untuk bisa mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul.

Penyebab Notifikasi WhatsApp Error

Jika notifikasi WhatsApp Anda tidak berfungsi, mungkin ada pengaturan atau preferensi aplikasi yang salah. Di lain waktu, beberapa izin perangkat mungkin telah dinonaktifkan.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

1. Lakukan pengaturan notifikasi di WhatsApp

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik ikon "titik tiga" pada pojok kanan atas layar
  • Pilih "Setelan" atau "Settings
  • Kemudian, klik "Notifikasi"
  • Aktifkan "Use high priority notifications" atau "Gunakan notifikasi prioritas tinggi" pada kolom Messages dan Groups.

2. Aktifkan notifikasi melalui daftar Aplikasi

  • Aktifkan 'Pengaturan'.
  • Klik atau ketuk 'Aplikasi & Notifikasi'.
  • Pilih 'WhatsApp' lalu 'Pemberitahuan' dari daftar aplikasi.
  • Aktifkan semua notifikasi yang sedang nonaktif.

3. Cek bagian penggunaan data di latar belakang

  • Buka Pengaturan telepon pada ponsel atau smartphone
  • Selanjutnya pilih "Aplikasi"
  • Pilih "WhatsApp"
  • Klik "Penggunaan data"
  • Pastikan untuk menonaktifkan pembatasan data latar belakang.

Ketika Anda mengaktifkan notifikasi dengan salah satu dari tiga cara di atas, maka notifikasi WhatsApp seharusnya sudah baik. Namun jika Anda masih mengalami masalah, coba cek beberapa hal di bawah ini:

1. Periksa pengaturan Jangan Ganggu

Pengaturan Jangan Ganggu bisa memengaruhi jenis notifikasi aplikasi yang Anda terima. Sebab ketika Anda mengaktifkan Jangan Ganggu, maka besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan notifikasi WhatsApp.

Periksa kembali untuk memastikan fitur ini tidak membuat notifikasi WhatsApp Anda senyap. Caranya dengan pergi ke Pengaturan > bagian Notifikasi > pastikan menu Jangan Ganggu mati

2. Perbarui aplikasi WhatsApp

Terkadang versi baru sistem operasi dapat menyebabkan fitur aplikasi tertentu berhenti berfungsi dengan baik. Pembaruan aplikasi dapat memperbaikinya dengan meningkatkan kompatibilitas.

Apa pun sistem operasi yang Anda gunakan, selalu penting untuk selalu memperbaruinya guna mendapatkan fitur, perbaikan, dan pembaruan keamanan terbaru.

3. Logout di perangkat lain

Anda mungkin mendapatkan notifikasi WhatsApp di perangkat lain jika Anda masuk ke WhatsApp di beberapa tempat. Keluar dari semua aplikasi WhatsApp Anda di ponsel, tablet, dan komputer, lalu masuk hanya di satu perangkat.

Itulah beberapa cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul, terupdate 2024. Semoga tutorial WhatsApp ini bermanfaat!

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #jangan #panik #cara #mengatasi #notifikasi #whatsapp #tidak #muncul

KOMENTAR