7 Cara Mengatasi Tablet yang Tidak Bisa Mengisi Daya
Ilustrasi tablet (Pexels/Adrienne Andersen)
14:16
24 Februari 2024

7 Cara Mengatasi Tablet yang Tidak Bisa Mengisi Daya

Seiring dengan pemakaian tablet, perangkat mungkin mengalami kerusakan seperti tidak dapat mengisi daya. Ada banyak cara agar tablet dapat terisi kembali, mulai dari membersihkan port pengisian daya, hingga menyetel ulang tablet ke setelan pabrik.

Jika tablet kehabisan daya dan tidak dapat mengisi daya lagi, pengguna dapat melakukan beberapa tips untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

Berikut ini tujuh cara memperbaiki saat tablet tidak dapat mengisi daya:

1. Coba bersihkan dan kosongkan port pengisian daya pada tablet.

2. Coba isi daya tablet dengan pengisi daya dan kabel USB yang berbeda. Pengguna juga dapat mencoba menyambungkan pengisi daya langsung ke stopkontak atau menyambungkannya ke stopkontak lain.

3. Pastikan tablet tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Meskipun kemungkinan besar pengguna tidak akan menggunakan tablet di luar kisaran suhu pengoperasian biasanya, jika cuaca sangat panas atau dingin, pengisian daya dapat terpengaruh.

4. Coba lakukan perputaran daya tablet dengan melepas dan mengganti baterai jika bisa atau menahan tombol daya hingga satu menit. Tablet akan bergetar untuk memberi tahu bahwa siklus telah selesai. Kemudian coba isi daya tablet lagi.

Ilustrasi tablet yang tidak menyala.

5. Melakukan reset pabrik pada tablet Android atau iOS dapat membuatnya berfungsi kembali jika ada masalah dengan sistem operasi yang menghalangi pengisian daya. Untuk melakukan reset pabrik saat tablet tidak mau menyala, pengguna dapat melakukannya di Recovery Mode.

6. Ada alat unbrick Android pihak ketiga yang dilaporkan dapat memperbaiki tablet yang tidak lagi menyala atau mengisi daya dengan benar. Cobalah beberapa perbaikan tanpa hambatan Android yang ditawarkan oleh pengembang tersebut, lalu sambungkan kembali pengisi daya.

7. Jika tablet masih tidak dapat diisi dayanya atau dihidupkan, maka cara terakhir adalah pengguna harus membawanya ke tempat servis resmi.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, pengguna dapat mengatasi masalah tablet yang tidak bisa mengisi daya.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengatasi #tablet #yang #tidak #bisa #mengisi #daya

KOMENTAR