Jangan Asal Gosok, Ini Cara yang Benar Membersihkan Layar HP
Ilustrasi HP. [Unsplash/Lacie Slezak]
12:16
24 Februari 2024

Jangan Asal Gosok, Ini Cara yang Benar Membersihkan Layar HP

Layar HP menjadi salah satu bagian yang disentuh. Setiap harinya, pengguna selalu melakukan banyak hal pada layar ponsel, seperti mengetik pesan hingga bermain game. Oleh karena itu, pengguna harus rutin membersihkan layar HP agar terhindar dari infeksi virus, bakteri, dan kuman.

Namun, membersihkan layar HP tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebelum melakukan tindakan pembersihan apa pun, putuskan sambungan ponsel dari pengisi daya dan matikan perangkat. Ini akan menunjukkan seberapa kotor layar.

Berikut cara membersihkan layar HP dengan benar:

1. Gunakan kain microfiber

Gunakanlah kain microfiber karena kain ini biasanya disertakan dengan pembelian pelindung layar, kacamata hitam, atau kacamata biasa.

2. Gunakan lap pembersih

Lap atau tisu pembersih yang telah dibasahi sebelumnya dan dibuat khusus untuk ponsel adalah cara mudah untuk membersihkan layar.

Pastikan lap pembersih tersebut memiliki persentase alkohol rendah atau nol untuk menjaga layar tetap aman. Tisu pembersih berbeda dengan tisu desinfektan.

3. Mensanitasi ponsel

Mensanitasi ponsel dan layar akan menurunkan jumlah kuman ke tingkat yang aman, sehingga menurunkan risiko penyebaran infeksi.

Pengguna bisa menggunakan berbagai macam cara untuk mensanitasi ponsel, seperti pembersih ultraviolet. Pembersih ini menggunakan bohlam khusus yang memancarkan sinar UV-C dalam jumlah yang tepat untuk membunuh lebih dari 99 persen kuman di HP.

Pembersih ponsel terbaik mudah digunakan, menghancurkan kuman dan bakteri, serta dapat mengisi daya ponsel selama proses disinfeksi.

Ilustrasi HP Samsung. [Unsplash/Christian Wiediger]Ilustrasi HP. [Unsplash/Christian Wiediger]

Hal-hal yang harus dihindari saat membersihkan layar HP

Setelah mengetahui cara untuk membersihkan layar HP, pengguna juga perlu tahu hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh digunakan saat membersihkan layar ponsel:

  • Pembersih jendela.
  • Udaha bertekanan.
  • Pembersih semprotan aerosol.
  • Pelarut yang keras seperti aseton dan bensin.
  • Sabun cuci piring.
  • Pemutih.
  • Amonia.
  • Cairan pembersih berbahan dasar alkohol yang tidak diencerkan.
  • Bubuk abrasif.
  • Hidrogen peroksida.

Jika pengguna ingin membersihkan layar ponsel dengan aman, ikuti langkah-langkah di atas.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #jangan #asal #gosok #cara #yang #benar #membersihkan #layar

KOMENTAR