Bukan PS6, Sony Rilis PS5 Pro Dulu Tahun Ini
Ilustrasi PS5 (Unsplash/kseverin)
06:24
22 Pebruari 2024

Bukan PS6, Sony Rilis PS5 Pro Dulu Tahun Ini

Sony dilaporkan bakal meluncurkan PlayStation 5 atau PS5 Pro tahun ini. Setelahnya, barulah perusahaan asal Jepang itu memperkenalkan konsol PS6.

Hal ini diungkapkan oleh para analis industri game. Alasannya, Sony baru saja menurunkan perkiraan penjualan konsol PS5.

Mereka menjelaskan kalau kehadiran PS5 Pro ini untuk menambah daya tarik konsumen dalam membeli PS5 maupun aksesori tambahan, sebagaimana dilansir dari CNBC, Rabu (21/2/2024).

Selain itu, kehadiran Grand Theft Auto 6 alias GTA 6 tahun 2025 nanti juga menjadi faktor kenapa perangkat itu akan diluncurkan.

“Tampaknya ada konsensus luas di industri game bahwa Sony memang sedang mempersiapkan peluncuran PS5 Pro pada semester kedua tahun 2024,” ucap Serkan Toto, CEO konsultan game Kantan Games yang berbasis di Tokyo.

“Dan Sony ingin memastikan perangkat kerasnya siap ketika GTA VI diluncurkan pada tahun 2025, sebuah peluncuran yang akan menjadi peluang bagi seluruh industri game," lanjut dia.

Sony pertama kali meluncurkan PS5 pada November 2020 lalu. Setelah dirilis tiga tahun, Sony untuk pertama kalinya menurunkan perkiraan penjualan konsol tersebut dari yang awalnya 25 juta unit menjadi 21 juta unit untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2024.

Petinggi Sony dalam laporan pendapatan perusahaan menyebut kalau mereka kemungkinan terus melakukan penurunan target penjualan di tahun fiskal berikutnya.

Jika berkaca dari masa lalu, ini memang kerap dilakukan Sony ketika ingin meluncurkan konsol baru. Misalnya, Sony kala itu merilis PS4 Pro, tiga tahun setelah PS4 biasa dikenalkan.

Sejauh ini Sony hanya meluncurkan PS5 versi performa yang lebih ditingkatkan. Kemudian ada konsol genggam yang diberi nama PlayStation Portal.

Nantinya, PS5 Pro akan menjadi konsol baru Sony dengan performa yang lebih meningkat ketimbang konsol-konsol buatannya saat ini.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #bukan #sony #rilis #dulu #tahun

KOMENTAR