Bukan Mitos, Mobil dengan Cat Warna Hitam Paling Sering Ketiban Sial, Mending Waspada Deh!
Ilustrasi: Mobil dengan cat warna hitam. (Seva)
18:36
21 Oktober 2024

Bukan Mitos, Mobil dengan Cat Warna Hitam Paling Sering Ketiban Sial, Mending Waspada Deh!

Saat ini kebanyakan mobil berwarna hitam lebih dipilih karena sering dianggap lebih elegan. Memang, warna hitam ini merepresentasikan hal-hal yang gagah, maskulin, macho dan elegan tentunya.   Namun tahukah Anda kalau mobil dengan warna hitam ini lebih sering 'ketiban sial'? Hal tersebut bukan mitos belaka. Fakta di lapangan menyebut demikian, mobil dengan warna hitam ini paling bikin repot pemiliknya dalam berbagai kasus.   Fakta pertama, mobil dengan warna hitam ini paling rentan menghadapi risiko pencurian. Sebaliknya, warna-warna mencolok seperti kuning, hijau, dan merah malah tidak rentan terhadap pencurian karena susah dijual.   

  Nah, warna umum seperti hitam dan putih justru rentan dicuri karena nilai resale-nya yang tinggi. Dengan kata lain, sirkulasinya cepat karena warnanya yang gampang diterima berbagai kalangan.   Selain itu, mobil dengan warna hitam juga merupakan mobil yang paling sering terlibat kecelakaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Accident Research Centre Monash University menyebut bahwa mobil berwarna hitam adalah mobil yang rentan terhadap kecelakaan.   Sebaliknya, warna putih dan kuning jadi warna yang paling aman dan 12 persen lebih sedikit kemungkinannya terjadi kecelakaan.  Alasannya, mobil berwarna putih lebih jelas terlihat baik di siang dan malam hari. Selain itu, warna putih juga memiliki kontras yang cukup tinggi dengan warna jalanan.  

  Mobil bercat hitam juga cenderung menyerap panas dan mengakibatkan suhu kabinnya lebih tinggi dari warna putih, atau silver. Meski suhu panas dalam kabin bisa dinetralkan dengan AC, namun tetap saja suhu panas terutama saat musim kemarau membuat kinerja AC dan mesin semakin berat.    Kondisi ini dapat berujung pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan interior yang cepat rusak. Lagi-lagi, kondisi tersebut memaksa para pemilik mobil jadi merogoh kocek untuk keperluan yang sejatinya tidak mereka butuhkan.    Terakhir, mengutip Seva, mobil yang berwarna hitam juga lebih cepat kusam akibat menyerap panas matahari. Jika terpapar lama dan sering, maka dipastikan kualitas warna cat akan menurun dan warnanya makin pudar.    Duit lagi, kalau sudah ketemu kondisi cat yang demikian, mau tidak mau pemilik mesti melakukan perbaikan. Baik hanya melakukan pemolesan atau bahkan pengecatan ulang.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #bukan #mitos #mobil #dengan #warna #hitam #paling #sering #ketiban #sial #mending #waspada

KOMENTAR