Layar Laptop Hitam? Jangan Panik! Coba 7 Tips Ampuh Ini
Ilustrasi laptop. (Freepik/marymarkevich)
08:00
20 Februari 2024

Layar Laptop Hitam? Jangan Panik! Coba 7 Tips Ampuh Ini

Pengguna laptop mungkin pernah menghadapi masalah di mana layar laptop menjadi hitam atau black screen dan tidak menyala, meskipun pengguna dapat mendengar mesin laptop bekerja.

Ada banyak alasan mengapa layar hitam pada laptop. Ini bisa berupa penyesuaian kecerahan atau bisa juga masalah pada internal, seperti driver yang rusak atau ketinggalan zaman.

Jika pengguna dapat melihat lampu dan indikator berkedip, namun layar laptop tetap hitam, pengguna bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk memperbaiki layar laptop yang tidak mau menyala:

1. Sesuaikan kecerahan

Pastikan pengguna belum mengatur kecerahan layar laptop ke minimum. Pengguna bisa mengaturnya lewat tombol pada keyboard. Gunakan tombol tersebut untuk meningkatkan kecerahan sistem guna melihat apakah tampilan layar akan terlihat.

2. Matikan hibernasi

Terkadang file hibernasi bisa rusak. Jika pengguna mematikan fitur ini dan memulai ulang laptop, hal ini dapat menghilangkan masalah dan memungkinkan tampilan laptop menyala kembali.

3. Perbarui driver grafis

Driver grafis yang ketinggalan zaman dapat mencegah layar ditampilkan dengan benar. Pengguna juga dapat mencoba memperbarui BIOS, karena ini juga bisa menjadi sumber masalahnya.

4. Lakukan pengaturan ulang paksa

Jika ada kesalahan pada firmware atau aplikasi perangkat lunak lain yang menghalangi tampilan layar laptop, melakukan hard reset pada laptop apat mengatasi masalah tersebut.

Ilustrasi Laptop (Pexels/Craig Dennis)Ilustrasi Laptop (Pexels/Craig Dennis)

5. Hubungkan ke monitor eksternal

Pengguna dapat menghubungkan laptop ke monitor eksternal untuk menguji LCD dan kabel LCD. Sambungkan ke layar eksternal menggunakan kabel VGA atau sambungkan ke TV sebagai layar eksternal menggunakan kabel HDMI, kemudian reset laptop.

Setelah laptop dinyalakan ulang, jika tidak ditampilkan di monitor eksternal, pengguna mungkin perlu menekan tombol F4 pada keyboard. Kunci monitor eksternal akan memberitahu laptop untuk terhubung ke layar eksternal.

Jika laptop ditampilkan pada monitor eksternal, LCD atau kabel LCD internal mungkin rusak. Pengguna dapat mengganti kabel LCD. ika tidak berhasil, layar LCD perlu diganti.

6. Pasang kembali RAM

RAM pada laptop mungkin tidak terpasang dengan benar karena berbagai alasan. Pengguna harus membuka penutup bagian bawah laptop untuk mengeceknya dan memasang RAM kembali.

Jika pengguna memiliki dua kartu RAM, maka pengguna juga harus mencoba melepasnya, satu per satu, untuk melihat apakah salah satu kartu memori tersebut tidak berfungsi.

7. Hubungi tempat servis resmi

Jika pengguna udah mencoba langkah-langkah di atas dan tidak ada yang berhasil, mungkin inilah saatnya untuk menghubungi tempat servis resmi agar dapat ditangani oleh profesional.

Itulah tips yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki layar laptop hitam yang tidak bisa menyala.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #layar #laptop #hitam #jangan #panik #coba #tips #ampuh

KOMENTAR