Gemini 1.5 Resmi Meluncur, Bawa Deretan Peningkatan Apik Ini
Google Gemini. [Google]
17:32
19 Pebruari 2024

Gemini 1.5 Resmi Meluncur, Bawa Deretan Peningkatan Apik Ini

Setelah merilis Gemini 1.0 pada Desember 2023 lalu, Google akhirnya memperkenalkan Gemini 1.5. Tidak main-main, perusahaan tersebut menjanjikan peningkatan yang ciamik di produk andalannya ini.

Berdasarkan keterangan resmi dari Google, Gemini 1.5 hadir dengan kemampuan pemahaman konteks yang lebih baik jika dibandingkan dengan Gemini 1.0.

Dilansir dari 9to5Google, Gemini 1.5 kini membawa konteks window yang berisi total 128.000 token. Sebelumnya, Gemini 1.0 hanya menggunakan 32.000 token.

Jumlah token yang dimiliki oleh Gemini 1.5 ini membuat perangkat tersebut memiliki nyaris 700.000 kata, 30.000 baris kode, 11 jam audio dan 1 jam video. Kemampuan ini memang setara dengan GPT-4 Turbo yang menggunakan 128.000 token.

Google menyebut bahwa Gemini 1.5 kini mampu melakukan analisa dengan lebih baik. Kecerdasan buatan dari Google ini juga kini bisa membuat klasifikasi dan meringkas konten sesuai perintah yang diberikan.

Tidak hanya itu, Google menjanjikan performa Gemini 1.5 yang lebih baik dan detail ketika digunakan oleh penggunanya dalam berbagai kebutuhan. Google menyebut bahwa teknologi ini juga mampu melakukan penalaran pada konten video.

Perusahaan teknologi ini menyebut bahwa Gemini 1.5 mampu melakukan pemecahan masalah yang lebih baik jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Gemini 1.0.

Sebelum dikenal sebagai Gemini, Google merilis kecerdasan buatan dari keluarganya ini dengan nama Google Bard. Karena berbagai pertimbangan, perusahaan tersebut kemudian memutuskan untuk mengganti nama AI besutannya ini.

Perubahan nama Google Bard menjadi Gemini ini dilakukan oleh Google pada awal Februari 2024 lalu. Nama baru ini hadir dengan peningkatan yang lebih baik pada perilisan seri terbaru yaitu Gemini 1.5.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #gemini #resmi #meluncur #bawa #deretan #peningkatan #apik

KOMENTAR