Google Mulai Luncurkan Developer Preview Android 15 Pertama, Ini Bocoran Fitur Baru yang Bakal Hadir
Ilustrasi: Android 15. Versi pratinjau pengembang atau developer preview pertama Android 15 telah dirilis oleh Google. (Digital Trends)
16:24
19 Pebruari 2024

Google Mulai Luncurkan Developer Preview Android 15 Pertama, Ini Bocoran Fitur Baru yang Bakal Hadir

- Versi pratinjau pengembang atau developer preview pertama Android 15 telah dirilis oleh Google. Developer preview pertama itu dikabarkan menampilkan sedikit peningkatan privasi dan fitur baru.

Karena dirancang khusus untuk pengembang, versi sistem operasi atau OS Android baru ini masih belum layak digunakan pengguna secara massal. Google mengumumkan bahwa mereka mungkin merilis versi beta publik antara bulan Maret dan April.

Android 15 secara fitur dikatakan bakal memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih besar atas iklan yang Anda lihat secara lebih detail. Menu baru bernama “Iklan” telah ditambahkan di bawah bagian “Privasi & keamanan” di pengaturan, tempat pengguna dapat memeriksa aplikasi mana yang melacak aktivitas di ponsel Anda untuk menampilkan iklan.

Beberapa aplikasi dapat menyediakan iklan yang dipersonalisasi dengan melacak aktivitas Anda di ponsel. Dengan FLEDGE API atau Aplication Programming Interface di Android 15, kini pengguna dapat mencegah aplikasi melacak Anda.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa iklan di perangkat Anda akan dihapus sepenuhnya. Sebaliknya, ini memastikan bahwa data Anda tidak akan dibagikan dengan aplikasi pihak ketiga yang dipilih.

Fitur baru lainnya di Android 15 adalah kemampuan untuk melakukan perekaman layar sebagian. Daripada merekam atau mentransmisikan seluruh layar saat merekam layar, kini Anda hanya dapat merekam bagian tertentu dari aplikasi.

Fitur baru ini dapat berguna bagi pengguna yang sering merekam layar ponselnya atau harus mentransmisikan layar ponselnya saat melakukan panggilan video.

Peningkatan lain yang disambut baik adalah Google akhirnya berupaya mengoptimalkan kamera yang lebih baik untuk aplikasi pihak ketiga. Gambar yang diambil di lingkungan dengan cahaya redup kini akan diproses secara real-time, memberi Anda pratinjau cerah secara bersamaan, seperti yang muncul setelah mengetuk tombol rana.

Aplikasi pihak ketiga juga bisa mendapatkan keuntungan dari gambar pratinjau yang ditingkatkan.

Kabar buruknya adalah Pratinjau Pengembang Android 15 saat ini hanya tersedia untuk seri Pixel 6 dan Pixel yang lebih baru. Artinya, dukungan software untuk perangkat seri Pixel 5 telah resmi berakhir.

Android 15 bakal tersedia untuk Pixel 6a, Pixel 6, Pixel 6 Pro, Pixel 7a, Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel Fold, dan Pixel Tablet.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #google #mulai #luncurkan #developer #preview #android #pertama #bocoran #fitur #baru #yang #bakal #hadir

KOMENTAR