Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram pada 2024
Ilustrasi Instagram. (Freepik)
12:48
6 Februari 2024

Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram pada 2024

Para pembuat konten di Instagram bertanya-tanya tentang kapan waktu terbaik untuk memposting di platform milik Meta tersebut.

Namun sebelum mengetahui waktu terbaik untuk posting di Instagram pada 2024, pengguna harus tahu bagaimana cara kerja algoritma Instagram.

Instagram mengungkapkan rahasia di balik algoritmanya dalam presentasi pada 2018 dan menekankan bahwa tiga faktor utama yang memengaruhi bagaimana sebuah postingan muncul di feed pengguna meliputi tiga hal, yaitu minat, hubungan, dan kekinian.

Kekinian mengacu pada postingan yang lebih baru mendapat peringkat prioritas dibandingkan postingan yang diunggah beberapa hari lalu.

Hal ini yang perlu pengguna perhatikan untuk mengetahui kapan harus memposting. Oleh karena itu, pengguna harus mempertimbangkan hal berikut:

Posting lebih sering daripada lebih jarang. Postingan yang lebih sering berarti postingan yang ditampilkan lebih baru.
Posting secara khusus pada waktu keterlibatan puncak dalam satu hari atau minggu.

Menurut laporan terbaru dari SproutSocial pada 2019, waktu terbaik untuk memposting di Instagram adalah:

  • Senin: 6:00, 10:00, dan 10:00
  • Selasa: 2:00, 4:00, dan 9:00
  • Rabu: 7:00, 8:00, dan 11:00 malam
  • Kamis: 9:00, 12:00, 7:00 malam
  • Jumat: 5:00, 1:00 siang, dan 3:00 sore
  • Sabtu: 11:00, 7:00 malam, dan 8:00 malam
  • Minggu: 7:00, 8:00, dan 4:00 sore

Perlu diingat bahwa slot waktu di atas hanya menampilkan tiga slot waktu teratas untuk setiap hari dan waktu ditetapkan dalam EST.

Melihat kembali data SproutSocial, jelas bahwa hari Rabu adalah hari terbaik dalam seminggu untuk memposting.

Ilustrasi Instagram (Pexels/Kerde Severin)Ilustrasi Instagram (Pexels/Kerde Severin)

Faktor lain yang perlu pengguna pertimbangkan untuk memposting di Instagram:

Algoritme Instagram terbaru memprioritaskan postingan baru dibandingkan postingan lama. Artinya, pengguna perlu mengetahui kapan sebagian besar pengikut pengguna menggunakan aplikasi, sehingga pengguna dapat memposting pada slot waktu tersebut.

Untuk mengetahui waktu terbaik untuk memposting di Instagram, pastikan pengguna melihat hal-hal utama berikut yang dapat meningkatkan atau menghancurkan interaksi.

1. Demografi pengikut target

Orang dewasa yang bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore mungkin lebih cenderung melihat Instagram di pagi hari, sedangkan anak kuliahan yang begadang semalaman mungkin sedikit lebih aktif di Instagram selama waktu tersebut. Mengidentifikasi audiens target dapat menjadi langkah pertama untuk mengetahui jam berapa mereka suka memeriksa Instagram.

2. Perbedaan zona waktu

Jika pengguna memiliki pengikut atau audiens target dari seluruh dunia, memposting pada waktu tertentu mungkin tidak memberikan hasil yang sama seperti jika pengguna memiliki pengikut yang sebagian besar tinggal di zona waktu yang sama.

3. Pola keterlibatan

Pastikan pengguna memperhatikan dengan cermat setiap peningkatan interaksi saat pengguna memposting pada waktu tertentu dalam sehari.

Itulah hal-hal yang harus pengguna ketahui tentang kapan waktu terbaik untuk memposting di Instagram.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #waktu #terbaik #untuk #posting #instagram #pada #2024

KOMENTAR