Mobil Terawat Baik atau Tidak Bisa Dilihat dari Catnya, Ini Cara Mengeceknya Masih Orisinil atau Sudah Repaint
Ilustrasi cat mobil yang tidak terawat dengan baik. (Mackin's Auto Body)
11:32
11 Oktober 2024

Mobil Terawat Baik atau Tidak Bisa Dilihat dari Catnya, Ini Cara Mengeceknya Masih Orisinil atau Sudah Repaint

Salah satu cara melihat atau menyimpulkan apakah sebuah mobil terawat dengan baik adalah dilihat dari kondisi bodi dan catnya. Intinya bagian eksterior ini adalah yang kasat mata, bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain, apakah pemiliknya merawat dengan baik atau tidak.

 

Ini penting diketahui bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas. Apakah catnya masih asli atau orisinil, atau pernah dilakukan pengecatan ulang atau repaint baik full bodi atau hanya per bagian panel saja.

Jika memang sudah terbiasa berhubungan dengan mobil bekas, tentu Anda tahu, mobil bekas dengan cat orisinil akan memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibanding mobil yang sudah dicat ulang. Apalagi kalau catnya terlihat terawat rapi, meski usia kendaraan sudah cukup tua.

Sayangnya, orang awam kadang masih sulit membedakan mana cat yang masih asli dan mana yang sudah dicat ulang. Sulit, namun bukan berarti tidak bisa. Asalkan tahu, cara-caranya, Anda tidak akan terkecoh, berikut cara melihat cat apakah masih orisinil atau pernah repaint.

 

Meraba Bagian Atas Bumper

Dilansir dari Otospector, cara mengecek pertama adalah dengan melihat bagian atas bumper. Kenapa, sebab bagian tersebut tergolong yang sudah disentuh jika tidak dilepas terlebih dahulu untuk hasil yang lebih baik.

Bagi orang yang sudah terbiasa, tentu dapat membedakan apakah permukaannya kasar atau tidak. Lihat catnya belepotan atau tidak. Walau terlihat bersih, tapi di pinggirnya pasti kasar, karena bagian tersebut susah diampelas.

 

Perhatikan Gradasi Warnanya

Selanjutnya, perhatikan gradasi warnanya. Secara kasatmata kita bisa melihat gradasi cat dari bodi luar. Dari situ akan terlihat keaslian cat, karena mobil-mobil sekarang pada umumnya menggunakan material fiber, seperti misalnya di bumper.

Bagian tersebut mempunyai serapan cat yang berbeda dibandingkan dengan logam. Tentu saja, tindakan ini harus dilakukan di tempat yang cukup cahaya.

 

Cat di Atas Side Skirt

Bisa juga periksa bagian atas side skirt atau sisi bawah pintu kanan dan kiri. Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang.

Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya. Jika belang, dapat dipastikan pernah dilakukan perbaikan cat. Karena apa saja, bisa karena penyok, bekas tabrak, karat dan sebagainya.

 

Perhatikan Sisi Kaca Pintu

Terakhir, bisa juga dicek dari sisi kaca pintu. Di dekat karet-karet, tepatnya pada bagian pinggir, ada titik-titik yang bisa kita lihat apakah cat itu orisinil atau tidak.

Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #mobil #terawat #baik #atau #tidak #bisa #dilihat #dari #catnya #cara #mengeceknya #masih #orisinil #atau #sudah #repaint

KOMENTAR