5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pembaruan Android 15
Ilustrasi Android 15. (Google)
13:48
10 Oktober 2024

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pembaruan Android 15

Android 15 akan segera diluncurkan dan pengguna pasti ingin memastikan perangkat yang digunakan benar-benar siap menerima pemutakhiran saat peluncurannya dimulai.

Sebagaimana diketahui, Android 15 adalah pembaruan menarik yang akan menghadirkan sejumlah fitur baru, seperti kunci deteksi pencurian, ruang pribadi, dukungan penuh untuk pengarsipan aplikasi, konektivitas satelit, dan banyak lagi.

Dilansir dari Gizmochina pada Kamis (10/10/2024), berikut ini lima hal yang harus dilakukan untuk memastikan perangkat siap dengan pembaruan Android 15:

1. Periksa kebijakan pembaruan perangkat lunak

Baca Juga: Samsung Galaxy A16 5G: Layar AMOLED 90Hz, Chipset Exynos 1330, Update Android 6 Tahun

Ini adalah langkah pertama dan terpenting untuk memastikan perangkat pengguna memenuhi syarat untuk rilis Android berikutnya. Karena banyak merek belum merilis daftar perangkat yang memenuhi syarat untuk Android 15, pengguna dapat memeriksa kebijakan pembaruan perangkat lunak perangkat yang digunakan di situs web resmi untuk mengetahui berapa lama perangkat tersebut akan didukung.

2. Pastikan perangkat lunak sudah diperbarui

Perangkat pengguna harus menjalankan perangkat lunak terbaru yang tersedia agar memenuhi syarat untuk pemutakhiran. Hal ini juga direkomendasikan untuk pengalaman perangkat lunak yang lebih lancar dan stabil.

Pengguna dapat memeriksa pembaruan secara manual setiap beberapa hari atau mengaktifkan pembaruan otomatis. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali pembaruan tersedia dan kemudian menginstalnya.

3. Perbarui semua aplikasi

Baca Juga: Peringatan! HP Android Ini Bagikan Data Pribadi Kamu Setiap 15 Menit

Ini adalah langkah penting yang diabaikan oleh banyak orang. Setiap kali versi Android baru diumumkan, pengembang perlu melakukan modifikasi yang diperlukan pada aplikasi agar kompatibel dengan versi Android terbaru.

Untuk mengurangi risiko aplikasi mogok atau bug, perbarui semua aplikasi sebelum pengguna menginstal paket pembaruan Android 15.

Ilustrasi HP Android. [Unsplash/Onur Binay]Ilustrasi HP Android. [Unsplash/Onur Binay]

4. Pastikan penyimpanan cukup

Untuk pembaruan besar seperti Android 15, sebaiknya pengguna menyediakan setidaknya 10 GB ruang kosong agar instalasi berjalan lebih lancar.

5. Cadangkan data

Menginstal pembaruan perangkat lunak dapat menyebabkan hilangnya data. Meskipun hal ini tidak sering terjadi, sebaiknya pengguna melakukan tindakan pencegahan. Oleh karena itu, mencadangkan data penting merupakan langkah yang sangat dibutuhkan.

Pengguna dapat mencadangkan data ke perangkat fisik, seperti hard disk, atau penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Selain itu, ingatlah untuk mencadangkan pesan, kata sandi Wi-Fi, layar beranda, dan data penting lainnya.

Itulah beberapa hal penting yang harus pengguna lakukan agar perangkat siap mendapatkan pembaruan Android 15.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #yang #harus #dilakukan #sebelum #pembaruan #android

KOMENTAR