Terburuk Dalam 11 Tahun, Canalys Sebut Penjualan HP di 2023 Makin Menurun
Ilustrasi HP Samsung. [Unsplash/Christian Wiediger]
20:24
1 Pebruari 2024

Terburuk Dalam 11 Tahun, Canalys Sebut Penjualan HP di 2023 Makin Menurun

Analis pasar teknologi, Canalys mengungkap penjualan HP di 2023 yang semakin menurun. Rekor penjualan ini bahkan disebut-sebut jadi yang paling buruk dalam 11 tahun.

Berdasarkan data yang diungkap, penjualan HP di tahun 2023 mencetak angka 1,142 miliar. Dari penjualan tersebut, Apple menempati posisi pertama hingga mampu menyaingi pesaingnya.

Dilansir dari GSM Arena, meskipun mengalami penurunan penjualan di China, Apple rupanya mampu mencetak angka penjualan yang konsisten pada pasar globalnya.

Di sisi lain, Samsung justru mengalami penurunan sebesar 13 persen. Angka penjualan baru membaik pada masa liburan. Industri HP ini mengalami peningkatan sebesar 8 persen yang merujuk pada kestabilan.

Canalys memprediksi bahwa pasar HP mengalami hambatan serius di 2024. Namun permintaan yang meningkat di pasar negara berkembang cukup membantu pemulihan penjualan di paruh kedua tahun ini.

Sanyam Chaurasia selaku analis senior di Canalys menyebut bahwa Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah menjadi sejumlah negara dengan pertumbuhan pengiriman YoY. Sedangkan negara-negara di Asia Pasifik, China, Eropa dan Amerika Utara mengalami penurunan penjualan.

Beberapa brand seperti Itel, Infinix dan Tecno serta Xiaomi mulai mendapat peningkatan penjualan selama periode Oktober-Desember 2023 lalu. Peningkatan ini mendominasi kuartal keempat penjualan perangkat.

Secara umum, penjualan HP secara global masih didominasi oleh Apple dan Samsung yang kemudian diikuti oleh Xiaomi di posisi keempat. Sedangkan Oppo menempati urutan keempat.

Canalys memprediksi jika pasar HP akan terus menghadirkan strategi baru di tahun 2024 ini guna meningkatkan penjualan. Sayangnya, masih perlu bersabar untuk mengetahui angka pastinya.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #terburuk #dalam #tahun #canalys #sebut #penjualan #2023 #makin #menurun

KOMENTAR