Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah, Ternyata Sangat Mudah
Google Docs. [Google]
15:08
29 Januari 2024

Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah, Ternyata Sangat Mudah

Cara bikin dokumen Google Docs tidak bisa diubah sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengamankan file Google Docs agar isinya tidak diubah orang lain.

Google Docs merupakan salah satu program pengolah kata yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membagikan data secara real time.

Anda hanya perlu memasukan beberapa data penting ke dalam Google Docs, kemudian menyebarkan tautannya kepada rekan dan kolega. Dengan demikian, maka sebagai informasi yang ada di Google Docs tersebut akan bisa diakses oleh rekan kerja Anda.

Akan tetapi terkadang, banyak kolega jahil yang dengan semena-mena mengubah isi dari data di dokumen Google Docs Anda tersebut.

Jika hal ini menjadi salah satu yang Anda khawatirkan, maka Anda bisa membuat dokumen Google Docs tidak bisa diubah oleh orang lain, kecuali Anda sendiri.

Pada pengaturan Google Docs, Anda bisa mengatur filenya sebagai bisa diubah/diedit orang lain atau tidak. Untuk Anda yang tidak ingin dokumennya diubah orang lain, maka Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah simpel berikut ini.

Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah

  1. Buka dokumen Google Docs Anda. 
  2. Klik menu "Bagikan" di bagian pojok kanan atas. 
  3. Pada bagian "Restricted", klik "Anyone with link". 
  4. Klik fitur di pojok kanan dengan mode "Viewer".  Nantinya, pengguna yang menerima dokumen hanya dapat melihat akses dokumen Anda tanpa bisa mengubahnya. 

Sementara itu, untuk mengizinkan orang lain melakukan pengeditan, Anda perlu mengubah akses dari "Viewer" menjadi "Publik" pada Pengaturan Bagikan, sehingga orang lain dapat bebas mengedit dokumen tersebut. 

Namun, perlu dicatat bahwa cara ini hanya dapat dilakukan jika menggunakan akun pribadi. Akun sekolah atau kantor tidak dapat melakukan transfer, mengundang, atau mengambil alih kepemilikan dokumen. 

Saat ini, Anda juga dapat mengundang lebih dari satu teman atau rekan sekaligus. Jadi, jika Anda ingin menambahkan 10 orang, Anda dapat mengirim undangan edit secara bersamaan tanpa perlu menambahkan satu per satu. 

  1. Masuklah ke akun Google Drive milik Anda. 
  2. Selanjutnya, cari dokumen yang ingin Anda bagikan. 
  3. Setelah itu, klik dokumen tersebut dan pilih opsi "Bagikan". 
  4. Maka akan muncul opsi "Pengaturan Berbagi". 
  5. Agar orang lain bisa mengubah isi Google Docs, maka Anda bisa mengubah Pengaturan menjadi "Edit". 

Sementara jika Anda hanya ingin mempersilahkan orang lain memberikan komentar, maka silahkan ubah pengaturannya menjadi "Comment".

Itulah cara bikin dokumen Google Docs tidak bisa diubah sembarangan oleh orang lain. Dengan mengetahui langkah ini, maka dokumen Anda jadi lebih aman.

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #bikin #dokumen #google #docs #tidak #bisa #diubah #ternyata #sangat #mudah

KOMENTAR