Duh, Pembaruan Software Disebut Bikin Rusak Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy S10
Samsung Galaxy S10. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]
15:48
4 Oktober 2024

Duh, Pembaruan Software Disebut Bikin Rusak Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy S10

Pembaruan yang diluncurkan Samsung ke perangkat Galaxy lama termasuk Galaxy S10 dan Note 10 dilaporkan merusak perangkat.

Hal ini menyebabkan diperlukannya pengaturan ulang pabrik untuk memperbaiki masalah tersebut, sebagaimana melansir dari laman Engadget, Jumat (4/10/2024).

Samsung telah menjadi jauh lebih baik dalam hal dukungan perangkat jangka panjang selama beberapa tahun terakhir, menawarkan peningkatan OS dan pembaruan keamanan lebih lama dari sebelumnya.

Namun, bagi sebagian orang, hal ini berubah menjadi masalah karena pembaruan yang diluncurkan sekarang ke perangkat seri Galaxy S10 dan Note 10 tampaknya merusak perangkat.

Baca Juga: Pakai Qualcomm, Samsung Galaxy S25 Series Dipastikan Rilis Tanpa Exynos 2500?

Pengguna di seluruh media social, telah menemukan selama beberapa hari terakhir bahwa setelah menginstal pembaruan terbaru yang tersedia, perangkat seri Galaxy S10 (S10, S10+, S10e, S10 Lite, S10 5G) dan seri Galaxy Note 10 (Note 10, Note 10+, Note 10 5G) mereka tidak lagi berfungsi.

Begitu juga ada Galaxy M51 dan Galaxy A90 juga tampaknya mengalami masalah bagi sebagian orang.

Samsung Galaxy M51, ponsel yang sangat cocok digunakan untuk bermain game dan menikmati video. [Suara.com/Dicky Prastya]Samsung Galaxy M51, ponsel yang sangat cocok digunakan untuk bermain game dan menikmati video. [Suara.com/Dicky Prastya]

Perangkat yang terpengaruh akan mengalami bootloop, sehingga perangkat tidak dapat menyala sepenuhnya.

Masalah ini tampaknya tidak terkait dengan pembaruan sistem penuh, tetapi pembaruan Samsung SmartThings Framework yang salah.

Karena ponsel tidak dapat melakukan booting sepenuhnya, tidak ada opsi untuk mengembalikan pembaruan tersebut dalam perangkat lunak itu sendiri.

Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE vs Samsung Galaxy S23 FE, Seberapa Jauh Peningkatannya

Sebaliknya, satu-satunya cara cepat untuk memulihkan fungsionalitas ponsel tampaknya adalah dengan melakukan pengaturan ulang pabrik yang dilakukan melalui pemulihan Android.

Untuk melakukan booting ke mode pemulihan pada Galaxy S10,matikan perangkat sepenuhnya, lalu tekan dan tahan tombol Bixby dan volume atas, lalu tekan tombol daya dan tahan hingga melihat logo Samsung di layar.

Pada saat itu, lepaskan dan ponsel akan memasuki mode pemulihan. Pada Note 10, cukup tekan dan tahan tombol volume atas dan daya.

Setelah berada dalam mode pemulihan, kamu akan menggunakan tombol volume untuk menavigasi ke "Wipe data/factory reset" dan gunakan tombol daya untuk memilih.

Kemudian kamu akan diminta untuk mengonfirmasi pengaturan ulang, lalu kembali ke layar sebelumnya saat proses selesai, di mana dapat memilih opsi "Reboot system now".

Ponsel yang direset berarti kamu telah kehilangan data, tetapi seharusnya berfungsi kembali pada saat itu.

Samsung telah menarik pembaruan dari peluncuran, tetapi jika kamu masih memiliki perangkat yang berfungsi, lebih baik menonaktifkan pembaruan otomatis melalui Galaxy Store dan membuat cadangan data penting, demi keamanan.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #pembaruan #software #disebut #bikin #rusak #samsung #galaxy #note #galaxy

KOMENTAR