Produksi iPhone 16 Dipangkas, Penjualan Lesu?
Ilustrasi logo Apple. [Unsplash/Paras Kapoor]
16:40
3 Oktober 2024

Produksi iPhone 16 Dipangkas, Penjualan Lesu?

Dibandingkan dengan seri lainnya, penjualan iPhone 16 Series disebut-sebut tidak terlalu gemilang. Akibat hal ini, Apple dipercaya melakukan pemangkasan produksi untuk perangkat baru dari keluarganya tersebut.

Dalam catatan investor yang diungkap oleh 9to5Mac, Apple melakukan pemangkasan pada produksi iPhone 16. Tidak main-main, Apple mengurangi total produksi untuk 3 juta unit peraangkat.

Dilansir dari Gizmochina, pengurangan produksi iPhone 16 ini nampak dari pemotongan yang dilakukan pada mitra semikonduktor utama untuk pemesanan iPhone.

Analis Barclays menyebut bahwa pengiriman iPhone 16 akan berkurang sebanyak 15 persen dari tahun ke tahun. Pada September 2024 lalu, Apple menjual total 51 juta iPhone 16.

Baca Juga: Lebih Populer, Redmi Note 14 Pro Plus 'Kalahkan' iPhone 16 Pro Max

Apple dipercaya akan menghadapi lebih banyak tantangan penjualan iPhone 16 Series di Desember 2024 mendatang. Banyak yang memprediksi jika penurunan penjualan ini mungkin diakibatkan oleh peluncuran Apple Intelligence yang belum sepenuhnya dirilis.

iPhone 16 Pro Max. [Apple]iPhone 16 Pro Max. [Apple]

Selain itu, kurangnya perubahan pada iPhone 16 Pro dibanding iPhone 15 Pro juga menjadi salah satu alasan mengapa penjualan seri terbaru Apple ini kurang berhasil. Satu-satunya perbedaan dua seri ini hanya pada Capture Button.

Sebelumnya, Apple melaporkan akan merilis teknologi AI garapannya secara bertahap di iPhone 16 Series. Pada pertengahan September 2024 lalu, Apple merilis sedikit teknologi tersebut pada iOS 18.1 Beta.

Tantangan lain bagi Apple adalah mengenai keterbatasan teknologi AI tersebut di seluruh produk iPhone yang dijual di luar Amerika. Sebagai informasi, vendor HP tersebut mengalami kesulitan untuk penjualan iPhone 16 Series usai dirilis beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Realme C61 Resmi Masuk Indonesia, HP Murah Tahan Banting Mirip iPhone 16 Pro Max

Editor: Denada S Putri

Tag:  #produksi #iphone #dipangkas #penjualan #lesu

KOMENTAR