Penjualan Xiaomi Mampu Salip Apple, Ini HP Murah yang Laris Manis
Salah satu HP terlaris Xiaomi, Redmi 13. (Dok Xiaomi)
18:08
20 September 2024

Penjualan Xiaomi Mampu Salip Apple, Ini HP Murah yang Laris Manis

Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, penjualan Xiaomi mampu mengungguli Apple. Berdasarkan data Counterpoint Research, Xiaomi menyalip Apple pada Agustus 2024.

Ternyata, sebagian besar penjualan Xiaomi disumbang oleh HP murah alias perangkat entry-level. Smartphone 360 Monthly Tracker milik Counterpoint Research mendeteksi bahwa Xiaomi ternyata tak terlalu moncer di pasar utama.

Meski begitu, mereka tertolong dari promosi di Amerika Latin. Xiaomi berhasil menyalip Apple bukan karena pangsa pasarnya mengalami peningkatan. Perusahaan besutan Lei Jun ini mengungguli Apple mengingat pangsa pasar raksasa teknologi AS tersebut mengalami penurunan.

Performa penjualan Xiaomi sebenarnya tergolong datar dibanding bulan sebelumnya. Berdasarkan data Counterpoint, pangsa pasar Xiaomi selalu di bawah Apple sejak 2021.

Baca Juga: Pengguna iPhone Segera Ubah 5 Pengaturan Utama Setelah Update ke iOS 18

Namun pada Agustus 2024, Xiaomi untuk pertama kalinya berhasil menyalip Apple. Menurut Counterpoint, sebagian besar pasar utama Xiaomi telah mengalami pemulihan ekonomi selama beberapa kuartal terakhir.

Data pangsa pasar smartphone global pada Agustus 2024. (Counterpoint) Data pangsa pasar smartphone global pada Agustus 2024. (Counterpoint)

Xiaomi terbukti mempunyai penjualan yang sangat kuat di harga kurang dari 200 dolar AS (Rp 3 juta). Dua produk seperti Redmi 13 dan Redmi Note 13 series mendongkrak penjualan Xiaomi pada Agustus 2024.

HP 5G terjangkau juga membuat Xiaomi semakin kuat di segmennya. Smartphone 360 Monthly Tracker mengungkap bahwa Xiaomi mendapatkan pangsa di semua pasar utamanya, terutama di India, Amerika Latin, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

Grafik yang dibagikan menujukkan bahwa pangsa pasar Apple konsisten mengalami penurunan sejak Q3 2023. Tiga besar merek global dengan pangsa pasar tertinggi adalah Samsung, Xiaomi, dan Apple.

Redmi Note 13 Pro 5G. [Xiaomi]Redmi Note 13 Pro 5G. [Xiaomi]

"Xiaomi yang menduduki posisi kedua pada Agustus sebagian besar disebabkan oleh pertumbuhannya yang agresif dalam beberapa kuartal terakhir. Penurunan musiman Apple juga menjadi faktor. Dengan peluncuran iPhone generasi baru pada September, Agustus cenderung menjadi bulan terlemah Apple dalam satu tahun kalender. Peluncuran seri iPhone 16 kemungkinan akan mendorong Apple untuk merebut kembali posisi kedua, atau bahkan pertama dalam beberapa bulan mendatang seiring dengan peningkatan penjualan," tulis Counterpoint.

Baca Juga: Terbaik Kedua, Pangsa Pasar Xiaomi Kalahkan Apple pada Agustus 2024

Sebelumnya, Counterpoint juga telah mengunggah daftar HP Xiaomi terlaris pada kuartal kedua 2024. Daftar tersebut didominasi oleh HP entry-level dan perangkat mid-range.

Beberapa HP murah Xiaomi yang laris manis di pasar global pada Q2 2024 mencakup Redmi 13C 4G, Redmi A3, Redmi 12, Redmi Note 13 4G, Redmi Note 13 Pro 4G, Redmi Note 13 5G, Redmi Note 13 Pro 5G, dan Redmi Note 13 Pro Plus 5G.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #penjualan #xiaomi #mampu #salip #apple #murah #yang #laris #manis

KOMENTAR