6 Produk Apple yang Diskontinu Seteleh Perilisan iPhone 16 September Ini
iPhone 16 (apple.com)
13:24
13 September 2024

6 Produk Apple yang Diskontinu Seteleh Perilisan iPhone 16 September Ini

Apple telah meluncurkan seri iPhone 16 pada 9 September lalu. Momen tersebut juga menandakan di mana beberapa produk Apple yang sudah ada kini akan dihentikan produksinya atau discontinue, meski produk-produk itu masih mungkin tersedia di beberapa pengecer pihak ketiga dan toko online. Lalu apa saja produk Apple yang diskontinu?

Apple Inc diketahui tidak menaikkan harga untuk perangkat andalan smartphone terbaru mereka. Tercatat iPhone 16 versi termurahnya dibanderol mulai dari US$799 (setara Rp12,3 juta). iPhone 16 Plus hadir dengan harga US$899 (sekitar Rp13,9 juta), iPhone 16 Pro dibanderol seharga US$999 (sekitar Rp15,4 juta), dan yang paling ultimate iPhone 16 Pro Max dijual mulai US$1.199 (sekitar Rp18,5 juta).

Produk Apple yang Diskontinyu

Dengan rilisnya iPhone 16 dan awal penjualan pada bulan September, maka sejumlah seri dan smartphone Apple akan diskonyinyu. Berikut adalah beberapa produk Apple yang diskontinu.

Baca Juga: Didukung Apple Intelligence, iPhone 16 Pakai Chipset Apa?

1. iPhone 11

Seperti yang diketahui, smartphone Apple seri iPhone 11 sudah berusia 5 tahun. Dengan rilisnya iPhone 16, dipastikan bahwa seri iPhone 11 sudah tidak akan diproduksi dan diperjualbelikan di website resminya. Diprediksi support Iosnya hanya sampai tahun 2025. Bahkan jika dilihat melalui website resminya, iPhone 11 sudah tidak ada lagi.

2. iPhone Series Pro

Produk Pro dan Pro Max yang dirilis pada 2023 menjadi lini dengan bahan titanium pertama Apple. Jika melihat rekam jejak perusahaan, besar kemungkinan produk satu ini akan berhenti diproduksi dan dijual. Seperti saat tahun 2018 sejak awal kehadiran Xs dan Xr, maka periode selanjutnya produk andalan Apple akan ‘dimatikan’ dengan alasan terlalu mirip.

Series ini juga kemungkinan akan jadi iPhone Pro terakhir yang hadir dengan ukuran layar sebesar 6,1 inci dan 6,7 inci, sebab iPhone 16 Pro hadir dengan desain layar yang lebih besar.

Baca Juga: Perbandingan iPhone 16 vs Xiaomi 14: Battle HP Terbaik 2024

3. Apple Watch Seri 9, Ultra 2 dan SE 2

Sebagai persiapan peluncuran Apple Watch Series 10 untuk, Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, dan Apple Watch SE 2 diperkirakan akan dihentikan produksi dan penjualannya. Hal ini menjadi pembuka jalan untuk peluncuran Apple Watch Series 10, Apple Watch Ultra 3, serta Apple Watch SE 3.

4. iPhone 13

iPhone 13 yang dirilis sejak tahun 2021 ini, diperkirakan produksinya akan dihentikan setelah peluncuran iPhone 16 bulan ini. Sebagai salah satu prodak iPhone tertua yang ditawarkan oleh Apple, diskontinyunya mungkin akan dilanjutkan dengan ketersediaan iPhone 14 hingga iPhone SE 4 yang dikabarkan akan segera dirilis.

5. Apple AirPods 2 dan AirPods 3

AirPods 2 dikenalkan pada tahun 2019, dan AirPods 3, yang dirilis pada 2021, mungkin akan dihentikan. Apple diprediksi akan merilis dua model AirPods terbaru dengan satu entry-level dan satu mid-tier bisa membuat penghentian produksi dari AirPods versi terlama ini.

6. iPad 10 dan iPad Mini 6

Apple juga akan memperkenalkan iPad baru pada bulan September, yang berpotensi membuat produksi iPad 10 dan iPad Mini 6 dihentikan. Apabila model baru ini resmi diluncurkan, versi yang ada saat ini akan dihentikan sebagai jalan bagi tablet entry-level dan mini yang baru dirilis.

Itu tadi produk Apple yang diskontinyu setelah iPhone 16 resmi rilis September 2024. Apa Anda saat ini menggunakan beberapa produk Apple seperti yang disebutkan di atas?

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #produk #apple #yang #diskontinu #seteleh #perilisan #iphone #september

KOMENTAR