Pengujian Performa iPhone 16 Pro Beredar, Tak Sekencang Klaim Apple?
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. [Apple]
20:32
12 September 2024

Pengujian Performa iPhone 16 Pro Beredar, Tak Sekencang Klaim Apple?

Apple telah merilis iPhone 16 series pada 9 September lalu. Laporan terbaru berhasil mengungkap pengujian performa perangkat yang diduga sebagai iPhone 16 Pro.

Sebagai pengingat, Apple mengklaim bahwa iPhone 16 Pro menawarkan performa kencang dan peningkatan grafis signifikan dibanding generasi pendahulu.

Meski begitu, laporan teranyar membeberkan, iPhone 16 Pro tak sekencang yang diharapkan. Soal jeroan, iPhone 16 Pro mengandalkan chipset Apple A18 Pro (3 nm) dengan RAM 8 GB.

"Chip A18 Pro yang baru dirancang dengan daya komputasi terdepan di industri untuk mendorong Apple Intelligence, mengawali era baru performa profesional. CPU 6-core anyar adalah yang tercepat di smartphone. Itu terdiri dari dua core performa dan empat core efisiensi yang dapat menjalankan beban kerja sama dengan generasi sebelumnya, 15 persen lebih cepat dengan penggunaan daya 20 persen lebih sedikit," klaim Apple melalui laman resmi perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Mode Game pada iPhone 16 Series, Dukung Ray Tracing

Pengguna X bernama James Atkinson mengunggah hasil Geekbench mengenai perangkat yang diduga kuat adalah iPhone 16 Pro. Daftar tersebut menunjukkan iPhone dengan pengenal '17,3'.

Pengujian performa diduga iPhone 16 Pro. (Geekbench via X)Pengujian performa diduga iPhone 16 Pro. (Geekbench via X)

Smartphone mencetak skor performa single-core sebesar 3.114 poin dan multi-core 6.666 poin (Geekbench versi 6). Sebagai pembanding, iPhone 15 (A16 Bionic) mencetak performa single-core sebesar 2.595 poin.

Performa multi-core miliknya mencapai 6.651 poin. Dikutip dari Gizmochina, iPhone 15 Pro yang lebih bertenaga (A17 Pro) mampu mencetak skor performa 2.900 dan 7.440 poin.

Apabila bocoran benar, iPhone 16 Pro tak menawarkan performa yang sangat kencang. Performa multi-core bahkan masih di bawah iPhone 15 Pro. Hanya performa single-core yang lebih baik dibanding generasi pendahulu.

Sebagai catatan, ini masih sebatas rumor mengingat Apple belum merilis iPhone 16 series ke banyak pelanggan. Perform akurat dari iPhone 16 Pro bakal terpublikasi dalam beberapa pekan ke depan.

Baca Juga: 8 Meme iPhone 16 yang Viral di X, Desain Minim Perubahan Jadi Sorotan

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #pengujian #performa #iphone #beredar #sekencang #klaim #apple

KOMENTAR