Indodax Tumbang? Kerugian Diduga Mencapai Ratusan Miliar Rupiah
Indodax
19:08
11 September 2024

Indodax Tumbang? Kerugian Diduga Mencapai Ratusan Miliar Rupiah

Perusahaan crypto exchange Indodax menyampaikan bahwa tim keamanannya telah menemukan potensi kerentanan keamanan pada platform layanannya.

"Saat ini, kami sedang melakukan pemeliharaan menyeluruh untuk memastikan seluruh sistem beroperasi dengan baik. Selama proses pemeliharaan ini, platform web dan aplikasi Indodax sementara tidak dapat diakses," kata CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Rabu 11 September 2024.

Namun, Indodax meminta pengguna platform layanannya tidak khawatir, karena perusahaan bisa menjamin keamanan saldo kripto maupun rupiah pengguna.

Potensi kerentanan keamanan siber pada platform layanan Indodax juga dikemukakan oleh praktisi keamanan siber Teguh Aprianto melalui akun X @secgron.

Baca Juga: Profil Indodax, Dikabarkan Kena Hack Hingga Merugi Ratusan Miliar

Menurut dia, kerentanan itu menimbulkan transaksi ilegal yang menyebabkan kerugian hingga ratusan miliar rupiah.

"Diduga kebobolan dengan total kerugian dari transaksi ilegal lebih dari 21,8 juta USD atau sekitar 335 miliar rupiah," kata Teguh.

Selain menjalankan pemeliharaan platform, Indodax melakukan investigasi menyeluruh untuk menemukan penyebab kerentanan keamanan pada platform layanannya.

Indodax adalah platform jual beli aset kripto di Indonesia. Sebagai marketplace cryptocurrency, Indodax memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan berbagai aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan aset digital lainnya.

Didirikan pada tahun 2014, Indodax memiliki peran penting dalam ekosistem blockchain dan aset kripto di Indonesia dengan menyediakan layanan yang mudah diakses bagi pemula maupun trader berpengalaman.

Baca Juga: Indodax: Ini Dia Alasan Kenapa Altcoin Siap Bangkit Tahun Ini

Platform ini menawarkan fitur-fitur seperti trading kripto, dompet digital, dan berbagai alat analisis pasar.

Indodax juga telah teregulasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), sehingga beroperasi di bawah pengawasan pemerintah Indonesia, memastikan keamanan dan kepatuhan hukum bagi para penggunanya.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #indodax #tumbang #kerugian #diduga #mencapai #ratusan #miliar #rupiah

KOMENTAR