Geger Indodax Diduga Kena Hack! Kerugian Ditaksir Rp 280 Miliar Lebih
Akun X Cyvers Alerts menemukan dugaan peretasan di Indodax. (Cyvers Alerts).
15:00
11 September 2024

Geger Indodax Diduga Kena Hack! Kerugian Ditaksir Rp 280 Miliar Lebih

–Dugaan peretasan menimpa Indodax, salah satu pionir platform exchanger kripto atau aset digital di Indonesia. Temuan itu kali pertama diumumkan perusahaan keamanan siber Cyvers Alerts melalui akun X.

Pada Rabu (11/9), perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa Indodax mengalami peretasan. Temuan tersebut merujuk pada adanya transaksi mencurigakan di platform Indodax.

”ALERT. Hey @indodax, sistem kami telah mendeteksi beberapa transaksi mencurigakan yang melibatkan dompet Anda di jaringan berbeda. Alamat mencurigakan sudah menampung USD 14,4 juta dan menukar token ke Ether,” tulis akun X @CyversAlerts.

Maksudnya, Cyvers Alerts menemukan bahwa terdapat alamat yang dilaporkan memegang aset senilai sekitar USS 14,4 juta yang kemudian ditukarkan menjadi Ether (ETH). Tak lama setelahnya, akun X tersebut menambahkan bahwa mereka menemukan lagi lebih dari 150 transaksi mencurigakan lainnya sehingga saat ini total kerugian akibat peretasan diperkirakan mencapai USD 18,2 juta atau setara dengan Rp 280 miliar lebih.

Kami mendeteksi lebih dari 150 transaksi dan total kerugian $18,2 juta, @indodax harap mengambil tindakan,” lanjut akun X @CyversAlerts.

JawaPos.com sudah mencoba meminta konfirmasi temuan tersebut kepada pihak Indodax. Dihubungi pada Rabu (11/9) siang, Oscar Darmawan selaku CEO Indodax belum memberikan jawaban.

Meski demikian, melalui unggahan di akun X resminya, Indodax mengamini bahwa saat ini platform web tengah mengalami maintenance. Aplikasi Indodax juga tidak bisa digunakan sementara.

”Halo Member INDODAX, Kami ingin menginformasikan bahwa team security kami menemukan potensi indikasi keamanan pada platform kami. Saat ini, kami sedang melakukan pemeliharaan menyeluruh untuk memastikan seluruh sistem beroperasi dengan baik,” tulis pernyataan Indodax di akun X resmi mereka.

Pernyataan tersebut melanjutkan bahwa selama proses pemeliharaan ini, platform web dan aplikasi Indodax sementara tidak dapat diakses. Indodax juga mengklaim bahwa saldo member mereka dipastikan tetap aman baik secara kripto maupun rupiah.

Namun jangan khawatir, dapat kami pastikan bahwa saldo Anda tetap 100% aman baik secara kripto maupun rupiah. Kami berterima kasih atas kesabaran dan kepercayaan yang telah Anda berikan. 

Proses ini kami lakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan transaksi Anda. Kami akan segera memberikan pembaruan informasi lanjutan setelah investigasi selesai dilakukan,” demikian pernyataan resmi Indodax.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #geger #indodax #diduga #kena #hack #kerugian #ditaksir #miliar #lebih

KOMENTAR