Samsung Galaxy S24 FE Diprediksi Hadir dengan Exynos, Tak Ada Versi Snapdragon?
Samsung Galaxy S23 FE, generasi sebelum Samsung Galaxy S24 FE. [Samsung Indonesia]
15:08
22 Agustus 2024

Samsung Galaxy S24 FE Diprediksi Hadir dengan Exynos, Tak Ada Versi Snapdragon?

Samsung biasanya menyediakan dua versi chipset pada HP premiumnya. Kabar terbaru mengklaim bahwa Samsung Galaxy S24 FE hanya memiliki satu jenis chipset saja.

Sebagai pengingat, Samsung Galaxy S23 FE mempunyai dua versi chipset yaitu Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm). Perusahaan kerap menghadirkan versi Snapdragon untuk pasar Amerika Serikat, Korea Selatan, dan beberapa negara tertentu.

Sebagian versi internasional biasanya memakai dapur pacu Exynos. Penerus Samsung Galaxy S23 FE diyakini mengubah kebiasaan tersebut. Hasil pengujian Geekbench untuk Samsung Galaxy S24 FE vesi Amerika menunjukkan keberadaan chipset Exynos 2400e.

Samsung diprediksi memilih menggunakan chip Exynos di semua wilayah pemasaran. Dikutip dari Gizmochina, Exynos 2400e merupakan dapur pacu dengan performa sedikit lebih rendah dibanding Exynos 2400 standar.

Baca Juga: Tiga Perangkat ZTE Ini Siap Mengandalkan Snapdragon 8 Gen 4

Konfigurasi CPU hampir sama dengan versi standar, namun clock speed berada di bawahnya. Perbedaan utama ada pada Cortex-X4 dengan clock speed 3,11 GHz (penurunan dari 3,2 GHz milik versi standar).

Samsung Galaxy S24 FE versi AS memakai chipset Exynos. (Geekbench)Samsung Galaxy S24 FE versi AS memakai chipset Exynos. (Geekbench)

Ini akan memungkinkan smartphone menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama. Samsung Galaxy S24 FE dengan nomor model SM-S721U berhasil mencetak skor single-core sebesar 1.996 poin di Geekbench. Skor performa multi-core miliknya mencapai 5.678 poin.

SM-S721U adalah versi S24 FE yang akan dijual di AS. Sebelum ini, tak sedikit yang mengira bahwa Samsung Galaxy S24 FE versi Amerika Serikat membawa chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Nomor model berakhiran U (USA) tersebut mengindikasikan bahwa Galaxy S24 FE kompak memakai chip Exynos di semua wilayah. Informasi tambahan, smartphone premium ini turut dibekali Galaxy AI yang mencakup Portrait Studio, Circle to Search, Generative Edit, Sketch to Image, dan Live Translate.

Baca Juga: Bocoran Penampakan Huawei Mate 70, Bawa HarmonyOS NEXT?

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #samsung #galaxy #diprediksi #hadir #dengan #exynos #versi #snapdragon

KOMENTAR