Detail Data Snapdragon 8 Gen 4 Terungkap, Bawa Dua Varian Begini
Qualcomm resmi meluncurkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 pada Rabu (25/10/2023) dini hari. [Qualcomm]
09:56
21 Agustus 2024

Detail Data Snapdragon 8 Gen 4 Terungkap, Bawa Dua Varian Begini

Qualcomm dipercaya sedang bersiap untuk merilis Snapdragon 8 Gen 4. Chipset ini adalah generasi keempat yang menjadi andalan Qualcomm. Menurut rumor yang beredar, perangakt ini baru akan meluncur pada Oktober 2024 mendatang.

Dalam lembar spesifikasi yang beredar, detail data Snapdragon 8 Gen 4 terungkap. Chipset ini terdaftar dengan nomor model SM8750 dan SM8750P. Keduanya adalah versi reguler dan overclocked.

Dilansir dari Gizmochina, Snapdragon 8 Gen 4 dibentuk dari proses 3nm canggih. Qualcomm menjanjikan peningkatan signifikan dalam kinerja dan efisiensi energi.

Menariknya, Snapdragon 8 Gen 4 bekerja dengan dukungan Oryon CPU terbaru dari Qualcomm. Teknologi ini dirancang untuk menghadirkan komputasi berkinerja tinggi dan GPU Adreno 8 yang memiliki kemampuan grafis tingkat atas.

Baca Juga: Vivo T3 Pro 5G Muncul di Geekbench, Bawa Chipset Kencang

Chipset ini mendukung LPDDR5X SDRAM serta package-on-package (PoP) berkecepatan tinggi yang meningkatkan kemampuan kerja chipset tersebut.

Untuk sektor multimedia, Snapdragon 8 Gen 4 mengukun Qualcomm Spectra ISP 8-series yang meningkatkan kualitas fotografi dan videografi pada perangkat seluler yang menggunakannya.

Chipset canggih ini juga membawa dukungan Adreno VPU dan DPU untuk kode decoding video UHD dengan tampilan berkualitas tinggi. Snapdragon 8 Gen 4 mendukung modem 3G, 4G dan 5G yang sudah mendukung mmWave dan sub-6 band.

Menariknya, Snapdragon 8 Gen 4 sudah menggabungkan fitur AI dan keamanan canggih. Chipset Qualcomm ini memadukan subsistem Low-Power AI (LPAI) dengan akselerator DSP dan AI.

Beberapa rumor menyebut bahwa varian SM8750 akan digunakan oleh Samsung Galaxy S25 Ultra yang rilis pada Januari 2025. Sedangkan varian SM8750P akan digunakan oleh beberapa perangkat asal China yang rilis pada pertengahan 2025 mendatang.

Baca Juga: Snapdragon 6s 4G Gen 1 Setara Apa? Chipset HP 4G Terbaru

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #detail #data #snapdragon #terungkap #bawa #varian #begini

KOMENTAR