3 Alasan Kevin Diks Sulit Tembus Timnas Belanda usai 'Sarkas' ke Maarten Paes
Kevin Diks Saat Berseragam FC Copenhagen (instagram.com/kevindiks2)
11:12
20 Agustus 2024

3 Alasan Kevin Diks Sulit Tembus Timnas Belanda usai 'Sarkas' ke Maarten Paes

Berikut tiga alasan kuat mengapa pemain keturunan Indonesia, Kevin Diks, diyakini bakal kesulitan menembus skuad Timnas Belanda.

Kevin Diks disebut-sebut masih ingin menembus Timnas Belanda sebagai negara yang ia representasikan di kancah internasional.

Anggapan ini tak lepas hadir dari pernyataan Hasani Abdulgani. Mantan Exco PSSI itu pernah mengatakan bahwa Kevin Diks sempat dilirik Timnas Belanda.

“Kevin (Diks) itu katanya Timnas Belanda lirik dia. Jadi kemungkinan dia dipanggil Timnas Belanda, makanya dia agak ragu-ragu,” kata Hasani Abdulgani dikutip dari kanal YouTube, GAN Channel.

Baca Juga: Momen Tekel Elkan Baggott Buat Suporter Blackpool Bergemuruh, Shin Tae-yong Menyesal?

Sejak pengakuan Hasani Abdulgani pada 2022 lalu itu, Kevin Diks tak kunjung mendapat panggilan untuk membela Timnas Belanda.

Nyatanya, fakta itu tak begitu saja menyurutkan niat pemain berusia 27 tahun tersebut untuk bisa membela De Oranje di kemudian hari.

Guna membela Timnas Belanda sendiri, Kevin Diks dirasa akan mengalami kesulitan untuk menembus skuad utama. Lantas, apa saja kesulitan yang dihadapinya itu?

1. Stok Bek Melimpah

Timnas Belanda merupakan salah satu tim nasional di Eropa yang memiliki stok bek melimpah. Di Euro 2024 lalu saja, De Oranje membawa delapan bek.

Baca Juga: Siapa Orangtua Kevin Diks yang Larang Anaknya Bela Timnas Indonesia?

Belum lagi dengan bek-bek Belanda lainnya yang tersebar di Eropa, seperti Sven Botman dan Jurrien Timber yang absen di Euro 2024 lalu,

Dengan stok bek yang melimpah tersebut, sulit bagi Kevin Diks bisa menembus Timnas Belanda dalam waktu dekat ini. Apalagi regenerasi De Oranje di sektor tersebut masih berjalan baik.

2. Banyak Bek yang Jauh Lebih Muda

Saat ini, Kevin Diks telah berusia 27 tahun. Dengan usianya yang hampir kepala tiga, jelas sulit baginya untuk bisa menembus Timnas Belanda.

Karena regenerasi di sektor bek yang apik, Belanda saat ini memiliki bek-bek muda yang bakal menembus timnas senior.

Bek-bek muda tersebut seperti Jorrel Hato dari Ajax Amsterdam, Sepp van der Berg dari Liverpool, dan Dean Huijsen yang merupakan mantan bek Juventus yang kini bermain di Bournemouth.

3. Tak Membela Klub Besar

FC Copenhagen memang terhitung sebagai klub besar di Denmark. Tapi di Eropa, klub ini dianggap sebagai klub yang ‘biasa-biasa saja’ dan berada di liga yang tak kompetitif.

Karena tak bermain di klub yang lebih besar dan kompetisi yang kompetitif, sulit bagi Kevin Diks bisa dilirik dan menembus Timnas Belanda.

Timnas Belanda sendiri diketahui punya kecenderungan memanggil pemain-pemain dari liga yang kompetitif, yang terbukti dari skuadnya di Euro 2024 lalu yang penuh dengan pemain dari lima liga top Eropa.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #alasan #kevin #diks #sulit #tembus #timnas #belanda #usai #sarkas #maarten #paes

KOMENTAR