Profil Des Buckingham yang Puji Marselino Ferdinan, Pernah Latih Pemain Muslim Barcelona
Pelatih Oxford United, Des Buckingham memberikan pujian untuk rekrutan anyar dari Indonesia, Marselino Ferdinan [Instagram Des Buckingham]
23:00
19 Agustus 2024

Profil Des Buckingham yang Puji Marselino Ferdinan, Pernah Latih Pemain Muslim Barcelona

Pelatih Oxford United, Des Buckingham memberikan pujian untuk rekrutan anyar dari Indonesia, Marselino Ferdinan. Des mengatakan bahwa Marselino ialah pemain unik dan menarik.

Menurut Des, dari laporan-laporan yang ia baca tentang Marselino Ferdinan, eks pemain KMSK Deinze itu sosok pemain muda yang sedang berkembang.

"Marselino adalah pemain unik dan menarik. Laporan dari Asia menunjukkan bahwa dia adalah salah satu pemain muda yang sedang berkembang. Jadi ini kesempatan untuk dia dan menjadi bagian dari apa yang kami lakukan," ungkap Des seperti dikutip dari laman resmi klub, Senin (19/8/2024).

"Dia adalah pemain yang menyerang dengan sangat baik dan saya sangat senang memiliki dia di tim untuk melihat perkembangannya," lanjut Des.

Baca Juga: Gabung ke Oxford United, Marselino Ferdinan Kenakan Bekas Nomor Maguire

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi bergabung ke klub Championship Inggris, Oxford United, Senin (19/8/2024). [Instagram Oxford United]Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi bergabung ke klub Championship Inggris, Oxford United, Senin (19/8/2024). [Instagram Oxford United]

Des termasuk pelatih muda di Inggris. Usianya masih 39 tahun dan ia lahir di Oxford. Pelatih yang gemar menggunakan formasi 4-3-3 ini ternyata pernah memiliki sejumlah klub dan negara.

Karier kepelatihan Des berawal saat ia menjadi asisten pelatih di Oxford United pada 2004. Setelah itu ia jadi asisten di Wellington. Pada 2017, ia menjadi pelatih kepala di Wellington.

Yang menarik kemudian pada Juli 2017, ia menjadi asisten palatih di tim Stoke City U-21. Des menjadi asisten untuk Wade Elliott di Stoke City.

Dikutip dari data Transfermarkt, di skuat Stoke City U-21 terdapat pemain Belanda yang kerap dijuluki sebagai salah satu pemain muslim teladan, ia adalah Ibrahim Afellay.

Gagal di Barcelona, Affelay pada 2015 hengkang ke Stoke City. Sayangnya ia sempat diturunkan ke level tim U-21 Stoke karena penampilannya yang buruk.

Baca Juga: Marselino Ferdinan di Mata Pelatih Oxford United: Dia Unik dan Menarik

Selain di Affelay, di Stoke U-21 yang dilatih oleh Des ada juga pemain sekaliber Stephen Ireland, Jese hingga Saido Berahino.

Setelah dari Stoke City U-21, pelatih Marselino Ferdinan ini jadi asisten pelatih tim U-23 Selandia Baru. Ia juga sempat jadi pelatih sementara timnas Selandia Baru pada 2019.

Des Buckingham kemudian jadi asisten pelatih di Melbourne City pada 2020 dan pada 2021 melatih klub Liga India, Mumbai City.

Dari 345 pertandingan sebagai pelatih, Des mencatatkan 75 kali kemenangan, 26 kali imbang dan 44 kali mengalami kekalahan.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #profil #buckingham #yang #puji #marselino #ferdinan #pernah #latih #pemain #muslim #barcelona

KOMENTAR