Resmi! Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia
Maarten Paes usai menjalani sumpah WNI dan memperlebar peluang bela Timnas Indonesia. (pssi.org)
18:00
18 Agustus 2024

Resmi! Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia

Ketua PSSI, Erick Thohir melalui akun X miliknya bahwa Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan kini dapat memperkuat Timnas Indonesia

Kabar ini jadi informasi terkini setelah melalui proses administrasi yang panjang dan kompleks, Maarten Paes akhirnya terdaftar sebagai pemain Indonesia.

Dalam pernyataannya, Erick Thohir menyatakan, “Dengan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia serta komitmennya untuk memberikan kontribusi positif bagi sepak bola nasional, kami percaya bahwa kehadiran Maarten Paes akan memperkuat tim nasional, terutama menjelang putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia.”

Keputusan ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh penggemar sepak bola tanah air. Bergabungnya Maarten Paes diharapkan dapat meningkatkan performa Timnas Indonesia dan membawa tim meraih hasil yang lebih baik di ajang internasional. PSSI dan seluruh elemen sepak bola Indonesia menyambut Maarten Paes dengan tangan terbuka dan optimis terhadap kontribusinya dalam pertandingan mendatang.

Baca Juga: Buntut Skandal Pengaturan Skor, Football Institute Protes Atas Pengurangan Poin PSS Sleman di BRI Liga 1

Sebelumnya, Sekjen PSSI Yunus Nusi telah mengungkapkan informasi mengenai hal ini beberapa waktu lalu.

Yunus Nusi juga mengungkapkan upayanya agar Maarten Paes dapat memperkuat Timnas Indonesia dalam Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Maarten Paes sebenarnya telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 30 April lalu, namun ia belum bisa membela Timnas Indonesia karena terkendala aturan FIFA. Pasalnya, Paes pernah bermain untuk Timnas Belanda U21 dalam Kualifikasi Piala Eropa U21 2021 saat usianya sudah 22 tahun.

Menurut regulasi FIFA, pemain yang telah berusia di atas 21 tahun saat terakhir bermain untuk tim nasional atau junior tidak dapat beralih ke tim nasional lain tanpa persetujuan khusus.

Sidang FIFA diperlukan untuk memutuskan status Maarten Paes dalam membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas Indonesia Percaya ke 2 Sosok Ini untuk Lolos ke Piala Dunia 2026 Amerika Utara

Editor: M Nurhadi

Tag:  #resmi #maarten #paes #bisa #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR