Hasil PSBS Biak vs PSM Makassar: Gol Telat Abdul Rahman Bawa Juku Eja Menang Dramatis 2-1
Nermin Haljeta menggiring bola dalam duel PSBS Biak vs PSM Makassar dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2024-2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024). [Dok. X/PSM Makassar]
07:30
17 Agustus 2024

Hasil PSBS Biak vs PSM Makassar: Gol Telat Abdul Rahman Bawa Juku Eja Menang Dramatis 2-1

PSM Makassar berhasil menang 2-1 atas PSBS Biak dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024) sore WIB.

Dalam pertandingan ini, PSM Makassar unggul lebih dulu lewat Nermin Haljeta pada menit ke-10, sebelum PSBS Biak menyamakan kedudukan pada menit ke-51 lewat Pablo Arganaraz.

PSM pada akhirnya menang dramatis setelah mencetak gol kedua melalui Abdul Rahman di masa injury time tepatnya pada menit 90+5.

Kemenangan ini membawa PSM Makassar untuk sementara memuncaki klasemen BRI Liga 1 2024/2025 dengan enam poin hasil dua kemenangan.

Baca Juga: Buah Debut Manis Bersama Persib, Dimas Drajad Dipanggil Shin Tae-yong

Sementara PSBS Biak kian tercecer di papan bawah. Dua kekalahan membuat tim berjuluk Badai Pasifik untuk sementara menduduki urutan ke-17 tanpa poin.

Jalannya Pertandingan

Striker PSM Makassar, Nermin Haljeta melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSBS Biak dalam laga kedua BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024). [Dok. Instagram PSM Makassar]Striker PSM Makassar, Nermin Haljeta melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSBS Biak dalam laga kedua BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024). [Dok. Instagram PSM Makassar]

Duel PSBS Biak vs PSM Makassar berlangsung sengit sejak kick-off. Tuan rumah beberapa kali memberi ancaman ke pertahanan Juku Eja.

Hingga menit ke-5, PSBS Biak mampu mendominasi penguasaan bola. Serangan-serangan PSM yang mayoritas berasal dari sayap mampu diredam tim asuhan Juan Esnaider.

Meski lebih banyak ditekan, PSM Makassar justru mampu mencuri gol pembuka pada menit ke-10. Lewat skema tendangan bebas, Nermin Haljeta sukses membobol gawang tim berjuluk Badai Pasifik.

Baca Juga: Persebaya Wajib Waspada! 4 Pemain Malut United Paling Berbahaya: Ada Jebolan FC Porto

Haljeta menyambar bola liar di mulut gawang PSBS Biak buah tak sempurnanya kiper tuan rumah mengantisipasi umpan tendangan bebas pemain PSM.

PSBS Biak merespons kebobolan cepat dengan coba menekan PSM Makassar. Namun, taktik bertahan Juku Eja yang menggunakan zonal marking membuat PSBS kesulitan untuk masuk ke pertahanan lawannya itu.

Pada menit ke-28, PSM Makassar hampir mencetal gol kedua setelah Okello menyambar umpan silang Victor Luiz yang dikirim dari sisi kiri.

Namun, sundulan striker bernomor punggung 20 itu masih melenceng tipis di sisi kanan gawang PSBS Biak.

PSM Makassar dan PSBS Biak beberapa kali melancarkan serangan di sisa waktu. Namun, skor 1-0 untuk keunggulan Juku Eja tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, PSBS Biak mampu memberikan kejutan. Mereka mencetak gol penyama kedudukan melalui Abel Arganaraz pada menit ke-51 untuk mengubah skor menjadi sama kuat 1-1.

Abel mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di kotak penalti PSM Makassar. Umpan silang dari sisi kanan kemudian disundul oleh salah satu pemain PSBS Biak, bola liar kemudian disontek Abel untuk merobek jala Juku Eja.

PSM Makassar bereaksi cepat pasca kebobolan. Mereka hampir merestorasi keunggulan dua menit berselang melalui Tito Okello.

Namun tendangan Okello di dalam kotak penalti justru melambung kendati dirinya tidak mendapat pengawalan ketat dari bek PSBS Biak.

Pelatih PSM Bernardo Tavares melakukan pergantian pemain pada menit ke-64 dengan memasukkan Adilson Silva untuk menggantikan Victor Luiz.

Pergantian itu efektif di mana Silva berhasil mencetak gol untuk membawa PSM Makassar unggul 2-1. Namun, gol itu pada akhirnya dibatalkan setelah wasit mengulasnya melalui video assistant referee (VAR).

Dalam ulasan VAR, Adilson Silva dianggap sudah lebih dulu dalam posisi offside sebelum menyambar bola melalui sundulan.

Pada menit ke-86, PSM lagi-lagi mendapatkan peluang emas. Umpan silang dari sisi kiri gagal dikonversi dengan baik oleh Abdul Rahman

Abdul Rahman sejatinya sudah berada di kotak penalti tanpa pengawalan. Namun, tendangan first time yang dia lepaskan tidak mengarah tepat sasaran di mana bola justru membentur jaring kanan gawang.

Kerja keras PSM Makassar pada akhirnya terbayar di masa injury time. Lewat kemelut, Abdul Rahman berhasil menebus kesalahan dengan mencetak gol lewat sundulan terukur pada menit 90+5.

Tak lama berselang, wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. PSM Makassar pun menang 2-1 atas PSBS Biak.

Susunan Pemain PSBS Biak vs PSM Makassar

PSBS Biak (3-4-3): Mariyo Fabiyo Londok; Donni Monim, Jaimerson Xavier, Fabiano Beltrame; Marckho Sandi Merauje, Nelson Alom, Octovianus Kapisa, Takuya Matsunaga; Williams Ladera, Alexsandro Perreira, Thomas Wandikbo.

Pelatih: Juan Esnaider.

PSM Makassar (3-5-2): Hilmansyah; Aloisio Neto, Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes; Victor Luiz, Akbar Tanjung, Ananda Raehan, Latyr Fall, Ricky Pratama; Nermin Haljeta, Tito Okello.

Pelatih: Bernardo Tavares.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hasil #psbs #biak #makassar #telat #abdul #rahman #bawa #juku #menang #dramatis

KOMENTAR