3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Berhasil Menaturalisasi Kiper 185 Cm Aidan Bonvanie
Potret Aidan Bonvanie. (Instagram/aidanjulienbonvanie)
18:00
12 Agustus 2024

3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Berhasil Menaturalisasi Kiper 185 Cm Aidan Bonvanie

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, akhirnya memanggil sosok penjaga gawang keturunan, Aidan Bonvanie. Ada sejumlah keuntungan apabila pemain ini bisa dinaturalisasi oleh PSSI.

Yang terbaru, nama Aidan Bonvanie muncul dalam daftar 35 nama pemain yang dipanggil Nova Arianto untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-17 yang berlangsung di Bali mulai Minggu (11/8/2024).

Aidan Bonvanie menjadi salah satu nama penjaga gawang yang dipanggil pada TC kali ini selain M Nur Ichsan (Asiana), Rendy Razzaqu (Nusantara Youth), Arya Sheka Maulana (SKO Solo), dan Dafa Gasemi (Asiana).

Munculnya nama Aidan tentu sangat disambut dengan gembira oleh para fans Timnas Indonesia U-17. Sebab, skuad Garuda bakal memiliki sosok penjaga gawang diaspora yang bisa dipersiapkan untuk skuad senior.

Baca Juga: Dua Kiper Muda Eropa yang Layak Bela Timnas Indonesia: Ada Kiper Jawa di Liga Jerman

Berikut Suara.com menyajikan tiga keuntungan yang bisa didapatkan Timnas Indonesia U-17 apabila berhasil menaturalisasi Aidan Bonvanie. 

1. Sudah Berpaspor Indonesia

Sebagai informasi, pemain bernama lengkap Aidan Julian Bonvanie ini memiliki darah keturunan Indonesia dari ibu kandungnya. Dari informasi yang beredar, ibunya tersebut berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Salah satu keuntungan menaturalisasi Aidan ialah statusnya saat ini. Dia disebut-sebut memiliki dua paspor, yakni Indonesia dan Belanda. Sehingga, prosesnya tak membutuhkan waktu yang lama.

Ini memang sesuai dengan kriteria yang diajukan oleh Nova Arianto. Dia hanya bersedia memanggil pemain-pemain diaspora yang sudah memiliki paspor Indonesia.

Baca Juga: Netizen Bandingkan Beda Jauh Gaya Melatih Nova Arianto vs Indra Sjafri: Didikan Shin Tae-yong Memang Beda

2. Pengalaman Eropa

Saat ini, Aidan Bonvanie berstatus sebagai pemain AVV Zeeburgia U-17 di Amsterdam. Tentu saja, pengalamannya menimba ilmu di Negeri Kincir Angin bakal memberikan pengalaman yang sangat berharga.

Timnas Indonesia U-17 membutuhkan pemain-pemain yang memiliki mental luar biasa khas didikan Eropa. Hal ini bisa menjadi keuntungan besar saat Garuda Muda menghadapi laga-laga internasional, termasuk di Piala Asia U-17 hingga Piala Dunia U-17.

3. Catatan Oke

Salah satu catatan impresif yang dimiliki Aidan Bonvanie juga tersaji dalam aspek statistik. Dia memperlihatkan performa oke dengan mencatatkan 14 clean sheet dari 24 laga musim lalu. Ia juga terpilih sebagai Man of the Match dalam 12 laga.

Tak hanya itu, Aidan juga menepis 10 dari 13 tendangan penalti yang dihadapinya. Apabila nantinya berhasil lolos seleksi, pemain berusia 15 tahun tersebut berpotensi menjadi aset berharga Timnas U-17.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #keuntungan #timnas #indonesia #jika #berhasil #menaturalisasi #kiper #aidan #bonvanie

KOMENTAR