Anomali Sandy Walsh, Jadi Bek tapi Paling Sering Ancam Gawang Vietnam di Babak I Piala Asia 2023
Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh. (Instagram/sandywalsh)
23:42
19 Januari 2024

Anomali Sandy Walsh, Jadi Bek tapi Paling Sering Ancam Gawang Vietnam di Babak I Piala Asia 2023

Sandy Walsh akhirnya mendapatkan start pertamanya di Piala Asia 2023 ketika Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024).

Setelah cuma tampil di menit-menit akhir ketika menghadapi Irak pada Senin (15/1/2024) lalu, Sandy Walsh mendapatkan kepercayaan pelatih Shin Tae-yong untuk mengawal lini belakang Garuda.

Kesempatan tampil sebagai starter tidak disia-siakan Sandy Walsh. Meski di plot sebagai bek tengah, pemain KV Mechelen itu justru jadi yang paling sering mengancam gawang lawan.

Begitu trengginasnya Sandy Walsh menjadi anomali tersendiri. Pasalnya, meski di atas kertas bermain sebagai bek tengah, dia tercatat mampu melepaskan tiga tembakkan di babak pertama.

Tingginya aspek serangan Sandy tidak lepas dari skema yang diterapkan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia terlihat menggunakan formasi hybrid.

Saat bertahan, Timnas Indonesia menggunakan formasi 5-4-1, tetapi saat menyerang, satu dari tiga bek tengah diperbolehkan untuk naik membantu serangan.

Sandy sepertinya mendapat lisensi dari Shin Tae-yong untuk menjadi salah satu bek tengah yang bisa naik tinggi. Selain ke sektor gelandang, dia juga kerap merangsek ke lini depan.

Tercatat, Sandy melepaskan dua tembakkan di depan kotak penalti lewat aksi overlapnya. Sementara satu peluang lagi didapatkan lewat sundulan akurat.

Timnas Indonesia sempat mendapatkan tendangan sepak pojok. Marselino Ferdinan selaku penendang kemudian memberi bola kepada Justin Hubner.

Hubner dengan tenang melepaskan umpan jauh ke dalam kotak penalti. Sandy Walsh yang bebas kemudian melepaskan sundulan yang sayangnya masih bisa ditepis kiper Filip Nguyen.

Timnas Indonesia sendiri berhasil unggul 1-0 di babak pertama. Gol diciptakan lewat tendangan penalti setelah Rafael Struick di langgar di kotak terlarang pada menit 40.

Asnawi Mangkualam selaku eksekutor kemudian berhasil mengemban tugas dengan baik. Gol Indonesia pun tercatat tercipta pada menit ke-42.

Saat berita ini ditayangkan, duel Timnas Indonesia vs Vietnam tengah memasuki jeda. Skuad Garuda untuk sementara unggul 1-0.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #anomali #sandy #walsh #jadi #tapi #paling #sering #ancam #gawang #vietnam #babak #piala #asia #2023

KOMENTAR