Hasil Piala Asia 2023: Permalukan Jepang, Irak Amankan Tiket 16 Besar dari Grup Timnas Indonesia
Penyerang Timnas Irak, Aymen Hussein merayakan golnya ke gawang Jepang pada laga Piala Asia 2023 di Al Rayya, Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
22:30
19 Januari 2024

Hasil Piala Asia 2023: Permalukan Jepang, Irak Amankan Tiket 16 Besar dari Grup Timnas Indonesia

Kejutan terjadi di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Salah satu tim favorit juara, Timnas Jepang, dihajar Timnas Irak dengan skor 1-2 pada laga di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Striker Aymen Hussein kembali jadi aktor kemenangan Irak lewat brace-nya ke gawang Jepang pada menit kelima dan 45+4'.

Ini jadi gol ketiga penyerang bernomor punggung 18 itu di Piala Asia 2023 Qatar setelah pada matchday 1 Grup D lalu juga mencetak gol dalam kemenangan 3-1 Irak atas Timnas Indonesia.

Sementara itu, gol gelandang Liverpool, Wataru Endo pada injury time babak kedua (90+3') tak lebih dari sekadar gol konsolasi bagi Jepang di laga ini.

Dengan kemenangan ini, Irak pun mengoleksi poin sempurna 6 dari dua laga yang telah mereka mainkan di Grup D Piala Asia 2023.

Tim berjuluk Singa Mesopotamia itu otomatis mengunci tiket ke babak 16 besar Piala Asia Qatar meski masih tersisa satu matchday di fase grup, dengan mereka minimal sudah bakal jadi peringkat ketiga terbaik dari grup ini.

Di sisi lain, Jepang tertahan di peringkat kedua klasemen sementara Grup D dengan 3 poin dari dua pertandingan.

Di Stadion Education City, Irak sudah memimpin pada menit kelima, berawal dari kesalahan umpan Jepang di area tengah. Bola dialirkan Irak ke Ali Jasim Elaibi di kiri, lalu diteruskan dengan umpan silang.

Kiper Jepang Zion Suzuki coba memotong umpan tersebut tapi gagal, justru mengarahkan bola ke Aymen Hussein. Aymen leluasa menyundul bola ke dalam gawang.

Irak menggandakan keunggulan pada masa injury time babak pertama. Ahmed Al-Hajjaj lolos di kiri dan mengirim umpan silang yang disambar Hussein dengan sundulan.

Di paruh kedua, Jepang terus mengambil alih angin serangan. Namun, tim berjuluk Samurai Blue ini selalu menemui kebuntuan.

Mereka baru bisa memperkecil skor pada injury time babak kedua. Umpan sepak pojok Reo Hatate tak diantisipasi dengan baik oleh kiper, membuat Wataru Endo leluasa menanduknya ke gawang kosong.

Tak ada lagi perubahan skor di sisa waktu, Irak menang 2-1. Dengan hasil ini, Irak memastikan tike ke babak 16 besar Piala Asia 2023, menyusul tuan rumah Qatar serta Australia yang juga sudah lolos pada matchday kedua ini.

Susunan Pemain:

Timnas Irak XI: Jalal Hassan; Hussein Ali, Saad Natiq, Rebin Sulaka, Ahmed Al-Hajjaj, Frans Putros, Amir Al-Ammari, Youssef Amyn, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim, Aymen Hussein.

Pelatih: Jesus Casas

Timnas Jepang XI: Zion Suzuki; Yukinari Sugawara, Kou Itakura, Shogo Taniguchi, Hiroki Ito, Hidemasa Morita, Wataru Endo, Junya Ito, Takefusa Kubo, Takumi Minamino, Takuma Asano.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #hasil #piala #asia #2023 #permalukan #jepang #irak #amankan #tiket #besar #dari #grup #timnas #indonesia

KOMENTAR