Bentrok Jadwal Blackpool FC dan Timnas Indonesia: Elkan Baggott Bakal Diacuhkan STY?
Akankah Shin Tae-yong panggil Elkan Baggott ke timnas Indonesia. (Kolase Instagram/@shintaeyong7777 dan Dok. Blackpool FC)
09:18
10 Agustus 2024

Bentrok Jadwal Blackpool FC dan Timnas Indonesia: Elkan Baggott Bakal Diacuhkan STY?

Pertanyaan apakah Elkan Baggott akan dipanggil Shin Tae-yong atau STY ke timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih menjadi misteri. Apalagi jadwal timnya bentrok dengan agenda skuad Garuda.

Timnas Indonesia melakoni putaran Kualifikasi Piala Dunia 2026 dimulai pada 5 September 2024 melawan Arab Saudi. Lima hari berselang, tim Merah Putih kemudian menjamu Austalia.

Adapun skuad Garuda disebut akan berkumpul pada 29 Agustus mendatang. Lalu rombongan anak asuh STY bakal berangkat ke Arab Saudi pada 2 September.

Elkan Baggott ke Blackpool FC (Instagram Elkan Baggott)Elkan Baggott ke Blackpool FC (Instagram Elkan Baggott)

Elkan Baggott diharapkan mendapatkan panggilan dari juru taktik asal Korea Selatan ini. Sebab, dipastikan dua bek andalan yaitu Justin Hubner dan Jordi Amat absen karena akumulasi kartu.

Baca Juga: Pimpin Seleksi Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto Kaget Matthew Baker Dibajak Australia

Akan tetapi, jadwal timnas Indonesia bentrok dengan klub baru Elkan Baggott, yakni Blackpool FC. Apakah ia bakal dilepaskan?

Di periode timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Blackpool FC masih punya dua jadwal bertanding melawan Crewe (4 September) dan Huddersfield Town (7 September).

Meski begitu, jika dipanggil Shin Tae-yong, maka Elkan Baggott tidak bisa ditahan oleh Blackpool. Pasalnya ini laga resmi FIFA Matchday, sehingga klub harus melepas pemain yang dipanggil negaranya.

Elkan Baggott pernah dihujat sebelum dirinya menjadi WNI. (Instagram/@elkanbaggott)Elkan Baggott pernah dihujat sebelum dirinya menjadi WNI. (Instagram/@elkanbaggott)

Jadi, Blackpool tidak bisa menahan Elkan Baggott untuk bergabung dengan timnas Indonesia. Namun dengan syarat, dirinya dipanggil Shin Tae-yong.

Kondisi seperti di playoff Olimpiade 2024 lalu tidak akan terulang ketika Elkan Baggott dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia U-23.

Baca Juga: Segini Nilai Pasar Ronaldo Kwateh, Resmi Jadi Rekrutan Baru MU

Sebab, pertandingan itu tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Sehingga klub memang bisa menahan sang pemain.

Namun, akibatnya setelah itu Elkan Baggott justru dicueki STY untuk melawan Irak serta Filipina pada Juni 2024 lalu. Kini patut ditunggu apakah bek berpostur jangkung ini akan diandalkan lagi.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #bentrok #jadwal #blackpool #timnas #indonesia #elkan #baggott #bakal #diacuhkan

KOMENTAR