Head to Head Kiper Como 1907 Emil Audero vs Pepe Reina: Bak Bumi dan Langit
Kolase foto dua kiper anyar Como 1907, Emil Audero vs Pepe Reina [Istimewa]
11:48
31 Juli 2024

Head to Head Kiper Como 1907 Emil Audero vs Pepe Reina: Bak Bumi dan Langit

Klub Serie A Italia Como 1907 resmi mendapatkan kiper keturunan Indonesia, Emil Audero dari Sampdoria. Direkrutnya Audero tentu cukup mengherankan, pasalnya klub milik Hartono Bersaudara itu sudah datangkan kiper asal Spanyol Pepe Reina.

Hadirnya Emil Audero ke skuat Como 1907 menambah daftar panjang kiper di klub tersebut. Sebelum kehadiran Audero dan Reina, di Como 1907 sudah ada tiga kiper lainnya yakni Simone Ghidotti, Mauro Vigorito dan Pierre Bolchini.

Di musim lalu, gawang Como 1907 dikawal oleh kiper asal Kroasia, Adrian Semper. Namun di musim depan, Semper sudah dilego ke Pisa 1909.

Artinya posisi kiper utama di Como 1907 untuk musim depan masih lowong? Jika menyampingkan tiga kiper lainnya, perebutan kiper nomor satu akan terjadi antara Emil Audero vs Pepe Reina.

Baca Juga: Eks Gelandang Barcelona Puji Kiper Keturunan Indonesia Emil Audero, Memang Seberapa Hebat?

Here We Go! Pepe Reina Resmi Direkrut Klub Orang Indonesia: Dikontrak hingga 2025 [Tangkap layar X]Here We Go! Pepe Reina Resmi Direkrut Klub Orang Indonesia: Dikontrak hingga 2025 [Tangkap layar X]

Lantas seperti apa perbandingan statistik kedua kiper tersebut?

Jika menilik dari segi pengalaman dan jam terbang, Pepe Reina tentu jauh di atas Emil Audero. Reina bukan kiper sembarangan, ia telah bermain di empat kompetisi top Eropa, Serie A Italia, Liga Inggris, Laliga Spanyol dan Bundesliga.

Selain di empat kompetisi top Eropa itu, Pepe Reina juga langganan main di ajang Liga Champions, Europa League hingga Piala Dunia Antarklub.

Sementara Emil Audero ialah kiper yang menghabiskan kariernya di Italia. Sejak bergabung di tim akademi Juventus, Emil Audero tak pernah dilirik oleh klub non Italia.

Jika ditilik dari sisi perfomance, Pepe Reina memiliki catatan mentereng yang sangat sulit untuk Audero mengejarnya.

Baca Juga: Acuhkan Shin Tae-yong, Ini Alasan Kiper Keturunan Rp86,91 Miliar Akhirnya Gabung Klub Orang Indonesia

Di pentas Serie A Italia, Pepe Reina telah mencatatkan 190 pertandingan. Dari 190 caps itu, ia kebobolan 201 gol dan meraih cleansheet sebanyak 67 kali.

Sementara rekor cleansheet Reian di Liga Inggris sebanyak 136 pertandingan, di LaLiga tercatat 46 laga Pepe Reina tanpa kebobolan.

Kiper keturunan Indonesia, Emil Audero resmi berseragam Como 1907. [Dok. Instagram/@comofootball]Kiper keturunan Indonesia, Emil Audero resmi berseragam Como 1907. [Dok. Instagram/@comofootball]

Bagaimana dengan Emil Audero? Dari catatan transfemarkt, kiper kelahiran Mataram ini telah memainkan 168 pertandingan dan kebobolan 256 gol. Untuk cleansheet, Audero catatkan 38 pertandingan.

Jika Pepe Reina memainkan 76 laga di Liga Champions, Audero hanya satu kali bermain yakni saat Inter Milan ditahan imbang 3-3 oleh Benfica pada 30/11/2023.

Meski catatan statistik Emil Audero vs Pepe Reina bak bumi dan langit, besar kemungkinan kiper keturunan Indonesia itu yang jadi kiper utama Como 1907.

Pelatih Como 1907, Cesc Fabregas diprediksi akan mem-plot Pepe Reina sebagai 'asisten pelatih' untuk para kiper muda Como.

Kiper muda Como 1907 seperti Emil Audero, Simone Ghidotti dan Pierre Bolchini akan mendapatkan ilmu dan pengalaman dari Pepe Reina yang sudah malang melintang dan meraih banyak gelar bergengsi di level klub dan tim nasional.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #head #head #kiper #como #1907 #emil #audero #pepe #reina #bumi #langit

KOMENTAR