Jayden Oosterwolde
Pemain Fenerbahce, Jayden Oosterwolde (Instagram/jaydenoosterwolde)
13:42
5 Juni 2024

Jayden Oosterwolde

Jayden Oosterwolde merupakan pesepak bola keturunan Belanda-Indonesia yang saat ini bermain untuk klub asal Turki, Fenerbahce.

Namanya belakangan ramai diberitakan karena memberikan kode mau menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini dikarenakan Jayden Oosterwolde terciduk sedang berada di Indonesia. Dalam story Instagram pribadinya, terlihat dia sedang di Bali.

Tentu banyak yang memahami bahwa kehadirannya hanya untuk liburan musim panas. Namun tak sedikit yang berharap agar sang pemain bisa menjadi WNI karena punya garis keturunan Indonesia.

Apalagi Jayden Oosterwolde bukan pemain kaleng-kaleng. Harga pasarnya adalah Rp 230 miliar, hampir lima kali lipat dari Thom Haye.

Baca Juga: Datang ke Indonesia, Pemain Keturunan Rp 230 Miliar Asuhan Jose Mourinho Berminat Jadi WNI?

Biodata Asal Usul Jayden Oosterwolde

Sosok dengan nama lengkap Jayden Quinn Oosterwolde ini lahir di Zwolle, Belanda, pada 26 April 2001. Ia punya darah keturunan Suriname dan Indonesia dari keluarganya.

Tapi tidak diketahui sampai saat ini dari mana darah Indonesia itu mengalir di tubuh Oosterwolde dan dari mana keturunan Suriname tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan ELF Voetbal, Jayden mengaku sudah mendapat tawaran dari Suriname dan Indonesia.

“Indonesia dan Suriname telah menghubungi saya. Suatu waktu, saya menerima berbagai pesan Instagram dari Indonesia, salah satunya ternyata asisten pelatih tim nasional,” kata Jayden, dikutip dari ELF Voetbal.

Baca Juga: Disambut Bak Raja di Fenerbahce, Jose Mourinho Ungkap Ambisi Besar di Liga Champions

Perjalanan Karier Jayden Oosterwolde

Oosterwolde mengawali perjalanannya berlatih sepak bola bersama klub lokal, ZAC, sebelum akhirnya direkrut Akademi FC Twente pada tahun 2012.

Setelah hampir delapan tahun di tim juniornya, Oosterwolde akhirnya menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Twente pada Juni 2020.

Pada musim perdananya di level profesional, Jayden langsung tampil reguler dengan mencatatkan 26 penampilan di Eredivisie.

Saat paruh kedua musim 2021/22, Jayden kemudian dipinjamkan ke klub Serie B, Parma, dengan opsi pembelian permanen.

Jayden tampil cukup impresif di sisa musim 2021/22 sehingga dipermanenkan oleh Parma untuk musim 2022/23. Tapi pada Januari 2023, Jayden Oosterwolde langsung diboyong oleh Fenerbahce dengan mahar 6 juta euro.

Di sisa musim 2022/23, Jayden memang cuma tampil 5 kali di semua kompetisi. Tapi di musim 2023/24, ia jadi andalan di lini belakang Fenerbahce dengan total 39 penampilan di semua ajang.

Prestasi Jayden Oosterwolde

Di usia yang baru 23 tahun, Jayden sudah memutuskan untuk berkarir di luar Belanda. Ia cukup sukses di Fenerbahce sejauh ini dengan meraih gelar Piala Turki 2022/23.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jayden #oosterwolde

KOMENTAR