Penjelasan STY Soal Pemain Timnas Indonesia Terlalu Sopan, Bikin Susah Sendiri
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong (kanan) berdiri bersama anggota timnya sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Australia dan Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024. HECTOR RETAMAL / AFP
13:36
21 Mei 2024

Penjelasan STY Soal Pemain Timnas Indonesia Terlalu Sopan, Bikin Susah Sendiri

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengakui bahwa para pemain lokal Timnas Indonesia punya sikap sungkan menegur rekannya alias terlalu sopan. Hal itu disebut STY jadi masalah tersendiri.

Menurut Shin Tae-yong, sikap sopan dan tidak enakan yang ditunjukkan para pemain Timnas Indonesia, menjadi salah satu tantangan dalam melatih Garuda sejak 2019.

Sikap terlalu baik yang ditunjukkan orang-orang Indonesia disebut Shin Tae-yong membuatnya agak kesulitan untuk berkomunikasi.

"Memang masalah terbesar adalah komunikasi karena memang orang Indonesia sangat baik jadi tidak bisa memberi teguran ke pemain," kata Shin Tae-yong kepada awak media beberapa hari lalu.

"Ketika situasi kurang baik, seharusnya komunikasi dilakukan untuk memberi teguran ke pemain. Tetapi, orang Indonesia suka sungkan kepada pemain lain, itu yang menjadi tantangan untuk saya," jelasnya.

Sikap berbeda ditunjukkan para pemain naturalisasi, salah satunya Nathan Tjoe-A-On yang tidak segan memarahi rekan-rekannya andai membuat kesalahan.

Asal usul Nathan Tjoe-A-On keturunan mana (IG)Asal usul Nathan Tjoe-A-On keturunan mana (IG)

Hal itu terlihat saat Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024. Nathan yang jadi salah satu pilar penting, kerap menegur rekannya seperti Hokky Caraka hingga Witan Sulaeman.

Menurut Shin Tae-yong, apa yang dilakukan para pemain keturunan harus dicontoh para pemain lokal Timnas Indonesia.

Menurutnya, apa yang dilakukan Nathan adalah contoh yang bagus agar para pemain bisa saing mengevaluasi dan termotivasi untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

"Hal-hal seperti itu pemain kita harus belajar, sepertinya ada budaya tidak saling menyalahkan dari pemain Indonesia, jadi tak ada komunikasi. Memang paling penting taktik bicara, tapi menurut saya pemain lokal terlalu diam," terangnya.

Timnas Indonesia akan berlaga dalam putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Merah Putih dijadwalkan menghadapi Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #penjelasan #soal #pemain #timnas #indonesia #terlalu #sopan #bikin #susah #sendiri

KOMENTAR