UCI MTB Eliminator 2024 Bakal Spesial
UCI MTB Eliminator 2024 bakal berlangsung di Sirkuit SS 1973 Palangkaraya, Minggu (19/5). (Istimewa)
07:59
18 Mei 2024

UCI MTB Eliminator 2024 Bakal Spesial

–Event UCI MTB Eliminator 2024 kali ini terasa berbeda. Tahun ini diprediksi bakal dihadiri ribuan masyarakat khususnya warga Palangkaraya karena bertepatan dengan hari jadi Kalimantan Tengah yang ke-67.

UCI MTB Eliminator 2024 bisa disaksikan secara gratis karena bertepatan dengan hari jadi Provinsi Kalteng yang diperingati setiap 23 Mei. Perhelatan balap sepeda MTB itu bakal berlangsung di Sirkuit SS 1973 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (19/5).

UCI MTB Eliminator World Cup 2024 bakal dihadiri setidaknya puluhan atlet dari berbagai negara. Mereka bakal saling adu skill di balapan sepeda gunung terbesar di dunia itu.

Ketua Harian ISSI Kalteng Rahmat Nasution Hamka menyatakan, momen hajatan sepeda itu bersamaan dengan festival budaya Isen Mulang.

”Jadi seluruh warga Kalimantan Tengah sedang banyak berada di Kota Palangkaraya,” sebut Rahmat Nasution Hamka.

”Jadi ini adalah dalam rangka event terbesar Provinsi Kalimantan Tengah menyambut hari ulang tahun. Lalu kebetulan berdekatan dengan pelaksanaan UCI. Mereka (festival) pada 18-24 Mei, kami 19 Mei,” ungkap Rahmat.

UCI MTB Eliminator 2024 diikuti 47 peserta dari berbagai negara dan mayoritas berasal dari Eropa. Sedangkan perwakilan dari Indonesia berjumlah 14 pembalap. Ada pembalap top yang dipastikan akan ikut tahun ini. Yakni pembalap asal Jepang, Kohei Yamamoto.

”Jadi anggota UCI Itu sekitar 65 negara. Yang sudah memastikan hadir ada 45-47 negara,” ungkap Rahmat.

Beberapa pembalap terlihat sudah menjajal lintasan. Pada tahun ini, tipe lintasan tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Namun ada beberapa tikungan dan tantangan yang dibuat lebih ekstrem dari pada tahun-tahun sebelumnya.

”Kami juga sudah melakukan risk assessment, dan juga sudah melakukan pengecekan sirkuit dan mengecek empat-tepat rawan dan di situ kita siapkan jalur evakuasi,” tutur Rahmat Nasution Hamka.

Sebanyak 600 aparat gabungan dikabarkan siap mengamankan perhelatan UCI MTB Eliminator World Cup 2024. 

”Kami pihak keamanan dari Polda Kalimantan Tengah sebagai pihak keamanan bersama TNI dan juga Satpol PP bahwa sudah siap menggelar event ini,” ucap Dit Pamobvit Kalimantan Tengah Kombespol Elijas Hendra.

Eljias mengatakan, sudah menyiapkan segala keperluan fasilitas kesehatan dan rumah sakit rekomendasi bila ada hal yang tidak diinginkan. Kemudian berapa ambulans yang harus dipersiapkan oleh panitia sudah dicek semua.

”Mudah-mudahan jika tidak ada halangan bisa kami laksanakan UCI 2024 dengan sukses,” beber Elijas Hendra.

Dia berharap dengan antusiasme tinggi dan persiapan yang matang, UCI MTB Eliminator World Cup 2024 di Palangkaraya menjadi tonggak bersejarah dalam pengembangan olahraga sepeda gunung di Indonesia. Serta memperkuat posisi Kalimantan Tengah sebagai tujuan wisata dan ajang olahraga prestisius di tingkat internasional.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #eliminator #2024 #bakal #spesial

KOMENTAR