Resmi! 5 Pemain Andalan Shin Tae-yong Ini Pensiun dari Timnas Indonesia U-23
Skuat Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Guinea. [pssi.org]
05:42
11 Mei 2024

Resmi! 5 Pemain Andalan Shin Tae-yong Ini Pensiun dari Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 telah menyelesaikan petualangan panjang di pentas Piala Asia U-23 2024 dengan menempati posisi keempat.

Selain itu, skuad asuhan Shin Tae-yong juga gagal melangkah ke Olimpiade Paris 2024 setelah kalah 0-1 dari Guinea dalam laga yang berlangsung di INF Clairefontaine, Prancis, Kamis (9//5/2024) malam WIB.

Meski gagal melanjutkan langkah ke Paris, namun capaian Witan Sulaeman dan kawan-kawan patut diapresiasi.

Apalagi Timnas Indonesia U-23 berstatus debutan di Piala Asia U-23 2024, namun mampu menyingkirkan tim-tim kuat mulai Australia, Jordania hingga Korea Selatan.

Selain resmi mengakhiri turnamen, sederet pemain juga harus mengucapkan selamat tinggal alias pensiun dari Timnas Indonesia U-23.

Bukan karena faktor cedera, melainkan usia mereka yang sudah melewati batas usia 23 tahun. Artinya, pemain-pemain itu akan fokus bertugas di skuad senior Timnas Indonesia.

Lalu, siapa saja lima pemain yang pensiun dari Timnas Indonesia U-23? Berikut ini daftarnya:

1. Rizky Ridho

Kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho saat berlaga melawan Korea Selatan di Piala Asia U-23 (the-afc.com)Kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho saat berlaga melawan Korea Selatan di Piala Asia U-23 (the-afc.com)

Bek yang juga kapten tim itu bakal meninggalkan Timnas Indonesia kelompok umur mengingat usia dia melampaui batas usia untuk berkompetisi di level U-23 per 21 November nanti.

Artinya, pemain Persija Jakarta itu tak bisa tampil di sejumlah ajang kelompok umur seperti SEA Games, Asian Games hingga Piala Asia U-23.

2. Witan Sulaeman

Pemain sayap Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman (kiri) tampil pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 kontra Uzbekistan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, 29 April 2024.[KARIM JAAFAR / AFP]Pemain sayap Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman (kiri) tampil pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 kontra Uzbekistan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, 29 April 2024.[KARIM JAAFAR / AFP]

Witan Sulaeman sendiri cukup lama membela Timnas Indonesia kelompok umur mulai 2017 silam atau sejak di Timnas U-19.

Setelah waktu panjang itu, pemain yang musim lalu dipinjamkan ke Bhayangkara FC resmi menyelesaikan tugas di timnas kelompok umur mulai 8 Oktober nanti.

3. Ilham Rio Fahmi

Pemain belakang Timnas Indonesia, Ilham Rio Fahmi saat bertanding melawan Uzbekistan (the-afc.com)Pemain belakang Timnas Indonesia, Ilham Rio Fahmi saat bertanding melawan Uzbekistan (the-afc.com)

Bek Persija Jakarta itu juga bakal melebihi batas usia untuk bermain di Timnas U-23 per 6 Oktober mendatang.

Selama ini, full back kelahiran Banjarnegara itu turut menyumbangkan medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

4. Pratama Arhan

Bek Indonesia Pratama Arhan bersaing dengan gelandang Irak Nihad Mohammed untuk memperebutkan bola pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 antara Irak melawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]Bek Indonesia Pratama Arhan bersaing dengan gelandang Irak Nihad Mohammed untuk memperebutkan bola pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 antara Irak melawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]

Pratama Arhan bakal purna tugas di Timnas Indonesia kelompok umur mulai 21 Desember mendatang.

Mantan pemain PSIS Semarang itu juga menjadi bagian penting saat Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023.

5. Adi Satryo

Kiper Timnas Indonesia, Adi Satryo. (instagram.com/adisatryo)Kiper Timnas Indonesia, Adi Satryo. (instagram.com/adisatryo)

Pemain terakhir yang bakal pensiun di Timnas Indonesia U-23 dalah Adi Satryo.

Kiper PSIS Semarang itu berulang tahun yang ke-23 pada 7 Juli nanti sekaligus mengkahiri karie di level Timnas Indonesia U-23.

Namun dengan kemampuan dan pengalaman selama ini, lima pemain itu kemungkinan besar bakal menjadi bagian skuad senior Timnas Indonesia.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #resmi #pemain #andalan #shin #yong #pensiun #dari #timnas #indonesia

KOMENTAR