Perbandingan Gaji Shin Tae-yong vs Pep Guardiola: Bak Bumi dan Langit, PSSI Sanggup Bayar?
Kolase Shin Tae-yong dan Pep Guardiola. (AFP/Darren Staples/Karim Jaafar)
19:30
9 Mei 2024

Perbandingan Gaji Shin Tae-yong vs Pep Guardiola: Bak Bumi dan Langit, PSSI Sanggup Bayar?

Legenda Timnas Indonesia, Anjas Asmara, meminta PSSI untuk menimbang-nimbang nama Pep Guardiola sebagai pengganti Shin Tae-yong. Jika dibandingkan, kedua pelatih ini gajinya bak bumi dan langit.

Anjas Asmara mengatakan, Pep Guardiola menjadi sosok pelatih yang tepat untuk menangani Timnas Indonesia. Sebab, pelatih asal Spanyol itu punya kapasitas yang jauh lebih hebat ketimbang Shin Tae-yong.

Menurut Anjas Asmara, Indonesia butuh sosok pelatih yang pintar. Nama Pep Guardiola layak masuk dalam daftar kandidat karena dia punya rekam jejak mentereng. Dari segi keuangan, Indonesia juga disebut bisa menggajinya.

“Bermain sepak bola itu otaknya harus jenius. Jangan seperti Shin Tae-yong ini, dia tidak latih ini anak-anak. Ia hanya latih anak-anak main bola hanya fisik. Makanya saya selalu protes, ganti tuh Shin Tae-yong. Kita punya uang, kenapa enggak diganti sama pelatih yang pintar,” kata Anjas Asmara dikutip dari program Rakyat Bersuara di iNews TV.

“Kita punya uang kenapa tidak panggil Pep Guardiola? Kenapa kami dapat Pelatih terbaik di dunia saat itu (era 1970an), Wiel Coerver itu. Ratu Juliana yang panggil itu untuk melatih Indonesia,” tambah pria berusia 74 tahun ini.

Perbandingan Gaji Shin Tae-yong vs Pep Guardiola

Sebetulnya, pendapat yang disampaikan oleh Anjas Asmara memang cukup mengejutkan. Pasalnya, perbandingan gaji antara Shin Tae-yong dengan Pep Guardiola terhitung sangat jomplang.

Mari kita lihat jumlah gaji yang diterima Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Dari sejumlah sumber, gaji bersih yang didapatkan pelatih asal Korea Selatan itu menembus angka Rp14,2 miliar per tahun.

Dengan kata lain, setiap bulannya Shin Tae-yong menerima uang sebesar Rp1,1 miliar sebagai gaji bersih. Angka ini belum termasuk fasilitas-fasilitas penunjang lainnya seperti apartemen, kendaraan, dan lainnya.

Sementara itu, Pep Guardiola yang saat ini menangani Manchester City berstatus sebagai manajer dengan upah tertinggi di Liga Inggris. Pasalnya, jumlah gajinya terhitung sangat menggiurkan.

Dari Manchester City, Pep bisa menerima uang sebesar 20 juta pounds. Angka ini setara dengan Rp384,7 miliar. Itu belum termasuk tambahan bonus yang bisa mencapai 5 juta pounds atau setara dengan Rp96,1 miliar.

Jika dibandingkan, upah yang diterima Pep Guardiola saat menangani Manchester City angkanya mencapai 27 kali dari gaji yang didapatkan oleh Shin Tae-yong saat mengasuh Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #gaji #shin #yong #guardiola #bumi #langit #pssi #sanggup #bayar

KOMENTAR