Penyerang Belanda yang Ingin Jadi WNI Pernah Setim dengan Virgil van Dijk, Ayah Ibu dari Indonesia
Navarone Foor vs Mario Balotelli. (Boris Horvat/AFP)
20:06
7 Mei 2024

Penyerang Belanda yang Ingin Jadi WNI Pernah Setim dengan Virgil van Dijk, Ayah Ibu dari Indonesia

Pemain keturunan Indonesia, Navarone Foor, secara terbuka mengaku ingin dinaturalisasi. Siapa sangka, dulunya ia pernah bermain bintang Liverpool, yakni Virgil van Dijk.

Keinginan Navarone Foor untuk dinaturalisasi Timnas Indonesia terkuak dalam wawancaranya bersama Yussa Nugraha lewat kanal YouTube-nya.

Dalam wawancara itu, pemain berusia 32 tahun tersebut terbuka untuk dinaturalisasi bila mendapat tawaran dari PSSI dalam waktu dekat.

“Tentu aku terbuka, itu hal yang besar. Aku selalu menghargai dukungan dari mereka (suporter), mereka terus menerus memberi dukungan kepadaku,” kata Navarone Foor.

Meski naturalisasinya diyakini sulit terealisasi karena faktor usia, PSSI bisa mempertimbangkannya untuk menambah pengalaman di skuad Timnas Indonesia yang terbilang muda.

Pasalnya, Navarone Foor punya pengalaman mentereng seperti pernah membela kelompok umur Timnas Belanda dan juga bermain dengan bintang-bintang ternama.

Salah satunya adalah Virgil van Dijk. Baik Navarone Foor dan bintang Liverpool itu pernah bermain bersama saat membela Timnas Belanda U-21.

Keduanya bermain bersama saat Belanda U-21 menghadapi Italia U-21 yang diperkuat Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Alessandro Florenzi pada tahun 2012 silam.

Selain bermain bersama Virgil van Dijk, Navarone Foor juga membela Timnas Belanda U-21 bersama dengan Daley Blind dan Luuk de Jong.

Tak hanya di level tim nasional saja, Navarone Foor juga tercatat pernah bermain bersama bintang-bintang lainnya di level klub. Siapa saja?

Rekan Setim Mason Mount dan Odegaard

Navarone Foor juga pernah bersaing dan menjadi rekan setim sederet bintang-bintang lainnya di level klub, terutama saat membela Vitesse Arnhem.

Saat membela Vitesse Arnhem dari 2016-2020, pemain berposisi gelandang serang ini pernah berduet dengan nama-nama seperti Mason Mount dan Martin Odegaard.

Navarone Foor pernah berduet dengan Mason Mount di Vitesse pada musim 2017/2018. Saat itu, keduanya tampil bersama sebanyak 33 kali dan membawa timnya lolos ke Liga Europa 2018/2019 via Playoff.

Lalu pada musim 2018/2019, Navarone Foor berduet dengan Odegaard yang dipinjam Vitesse dari Real Madrid. Keduanya tampil bersama sebanyak 35 kali dan finis di peringkat kelima Liga Belanda.

Kini, Navarone Foor sendiri bermain di kasta kedua Turki bersama Bandirmaspor dengan mencatatkan 26 penampilan dan torehan 3 gol serta 3 assist.

Secara keseluruhan, Navarone Foor telah bermain di level profesional sebanyak 438 pertandingan dengan torehan 38 gol dan 56 assist.

Berkaca pada performa dan pengalamannya, Navarone Foor bisa dipertimbangkan untuk mengisi pos gelandang serang Timnas Indonesia dalam waktu singkat.

Terlebih lagi posisi tersebut tengah mendapat sorotan karena dinilai kurang kompetitif seiring minimnya pemain berposisi gelandang serang di Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #penyerang #belanda #yang #ingin #jadi #pernah #setim #dengan #virgil #dijk #ayah #dari #indonesia

KOMENTAR