Wasit Shen Yinhao Dihujat, Dianggap Rugikan Timnas Indonesia U-23 saat Hadapi Uzbekistan
Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan Shen Yinhao Punya Jejak Kriminal [Tangkap layar Twitter]
23:48
29 April 2024

Wasit Shen Yinhao Dihujat, Dianggap Rugikan Timnas Indonesia U-23 saat Hadapi Uzbekistan

Nama wasit Shen Yinhao menjadi perbincangan di media sosial salah satunya X setelah dianggap banyak merugikan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Uzbekistan, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Shen Yinhao banyak membuat keputusan krusial, yang dianggap banyak warganet merugikan Timnas Indonesia U-23.

Setidaknya terdapat tiga keputusan wasit Shen Yinhao yang dinilai merugikan Timnas Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024 ini.

Di babak pertama, Shen Yinhao cuma menganggap Timnas Indonesia U-23 mendapat tendangan bebas setelah Witan Sulaeman ditekel pemain lawan.

Dalam tayangan ulang, Witan terlihat dijatuhkan di kotak terlarang. Shen Yinhao coba melakukan diskusi dengan video assistant referee (VAR) setelahnya.

Namun, alih-alih memberi penalti, Shen Yinhao justru menarik keputusan memberi Indonesia hadiah tendangan bebas dan menganggap tidak ada pelanggaran yang terjadi.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan coba merebut bola dari pemain Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. [Dok. AFC]Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan coba merebut bola dari pemain Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. [Dok. AFC]

Sementara di babak kedua, Shen Yinhao membuat pelatih Shin Tae-yong marah setelah menghentikan laga saat Timnas Indonesia U-23 sedang melancarkan serangan.

Saat itu, dia berasalan laga harus terhenti karena terdapat satu pemain Uzbekistan yang mengerang kesakitan, meski beberapa menit sebelumnya, dia melanjutkan laga saat Pratama Arhan tergeletakn di lapangan.

Hanya beberapa menit berselang setelah itu, wasit secara mengejutkan memberi kapten Rizky Ridho kartu merah langsung.

Dia menganggap Ridho melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jaloliddinov saat melakukan sapuan bola.

Awalnya, wasit memberi kartu kuning kepada Ridho sebelum mengubahnya menjadi kartu merah usai mengulas adegan itu lewat VAR.

Bencana pun bermunculan bagi Timnas Indonesia U-23 setelah itu. Sudah tertinggal 0-1 usai kebobolan pada menit ke-68 oleh Khusain Norchaev, Pratama Arhan membuat gol bunuh diri pada menit ke-86.

Warganet pun beraksi di media sosial X dengan memberi hujatan kepada wasit Shen Yinhao. Kebanyak dari mereka tidak puas dengan keputusannya.

"Semua gara-gara wasit dzolim. Semua akan terungkap di yaumul hisab ya. Peluitmu akan bersaksi," tulis akun @jek****.

"Apakah keputusan wasit memutuskan untuk tidak memberi penalti untuk Indonesia U-23 sudah tepat?" tulis @FaktaS*******.

"Gak wasit gak MK, sama-sama tutup mata," tulis @timpeng*****.

"Indonesia semenakutkan itu kah? sampai didzalimi wasit," tulis @txtd******.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #wasit #shen #yinhao #dihujat #dianggap #rugikan #timnas #indonesia #saat #hadapi #uzbekistan

KOMENTAR