Karir Shin Jae-won, Anak Shin Tae-yong yang Gabung Eks Klub Asnawi Mangkualam
Blak-Blakan Dukung Timnas Indonesia! Shin Jae-won Anak Shin Tae-yong Diminta Gabung Skuad Garuda (IG @shin_jaewon77)
17:54
29 April 2024

Karir Shin Jae-won, Anak Shin Tae-yong yang Gabung Eks Klub Asnawi Mangkualam

Definisi keluarga sebagai support system ternyata juga dialami oleh pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong. Berhasil menekuk rival dari negaranya sendiri Korea Selatan dan membawa Timnas ke semifinal, Shin Tae-yong (STY) kini bak pahlawan di Indonesia.

Anak Shin Tae-yong, Shin Jae-won yang juga mengikuti jejak karier sang ayah menjadi pemain sepak bola juga tak ragu menyarakan dukungannya terhadap Indonesia. padahal, Shin Jae-won kini tengah bermain untuk klub di kasta wahid Korea Selatan. 

Anak Shin Tae-yong itu kini menjadi salah satu pemain inti dari klub Seongnam FC di kasta utama K League. Sebelumnya, Shin Jae-won sempat mendapat mendapat kesempatan untuk bergabung dengan klub profesional pertamanya, yakni FC Seoul pada 2019.

Kala itu Jae-won masih berusia 21 tahun. Sayangnya, Shin Jae-won belum mendapatkan kesempatan bermain yang layak di klub tersebut. Ia hanya main dua kali di klub tersebut pada 2019. Shin Jae-won kemudian menjalani masa pinjaman bersama klub kasta kedua, Ansan Greeners.

Telah menapaki naik – turun karier di dunia sepak bola, Shin Jae-won yang lahir pada 1988 itu kini benar – benar menjadi cetak biru ayahnya.

Pasalnya, sebelum mengarsiteki Timnas Indonesia dan beberapa klub lain, STY juga berkarier menjadi pemain di Klub Negeri Ginseng, Seongnam FC. Puncaknya, dia juga menjadi pemain kunci Tim Nasional Korea Selatan era 1990-an.

Malam ini, kemampuan STY sebagai pelatih bertangan dingin akan kembali diuji dalam laga semifinal Piala Asia 2024. Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekistan yang terkenal sebagai klub kandidat juara kompetisi tersebut. Sejauh ini, Uzbekistan tak pernah menelan kekalahan di fase grup, pun gawangnya belum pernah kebobolan. 

Sebelumnya, Shin Jae-won juga ikut mengomentari kekalahan Tim Nasional Korea Selatan di tangan ayahnya sendiri. Dia menekankan meskipun dirinya berstatus sebagai warga Korea Selatan, namun akan tetap mendukung kiprah sang ayah. 

"Saya tidak ingin bertemu di perempat final, tapi hal tersebut terjadi (Indonesia vs Korea Selatan)," tulis @shin_jaewon77 dalam Instagram Story-nya. "Meskipun aku warga negara Republik Korea, kali ini aku akan mendukung ayahku! Tolong kalian dukung Korea! Indonesia berjuang! @shintaeyong77," lanjutnya.

Kemenangan demi kemanangan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia juga turut memantapkan posisi STY di mata PSSI.  Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan telah sepakat memperpanjang kontrak Pelatih Timnas Indonesia STY hingga 2027.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #karir #shin #anak #shin #yong #yang #gabung #klub #asnawi #mangkualam

KOMENTAR