Profil Pham Xuan Manh, Pemain Vietnam Disorot Pakai Bedak, Netizen: Lehernya Belang
Pemain Timnas Vietnam, Pham Xuan Manh. (Dok. Thethao.sggp)
14:48
22 Maret 2024

Profil Pham Xuan Manh, Pemain Vietnam Disorot Pakai Bedak, Netizen: Lehernya Belang

Bek kanan Timnas Vietnam, Pham Xuan Manh, menjadi salah satu pemain yang mendapatkan sorotan dari netizen seusai pertandingan melawan Timnas Indonesia karena kedapatan memakai bedak.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (21/3/2024) malam itu, Pham Xuan Manh mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam.

Namun, pemain bernomor punggung tujuh itu mencuri perhatian dari netizen Indonesia karena wajahnya yang terlihat menggunakan bedak dan malah tampak seperti luntur di tengah pertandingan.

“Pemain Vietnam kaya yang pakai bedak, mukanya putih pol kaya dempulan, tetapi lehernya biasa ae,” tulis akun Twitter @manusiacowok19.

“Pemain Vietnam kenapa muka sama leher belang sih. Berasa kek pakai tone up apa bedak yang gak sesuai shade,” bunyi cuitan akun @mayaramadanty.

Profil Pham Xuan Manh

Sebagai informasi, Pham Xuan Manh merupakan salah satu pemain terbaru yang mulai naik daun bersama Timnas Vietnam di masa kepemimpinan Phillipe Troussier. Pemain ini berasal dari klub Hanoi FC.

Dia memang sudah mengukir debut bersama Timnas Vietnam sejak tahun 2018, tepatnya di Kualifikasi Piala Asia 2019. Namun, namanya sempat lama menghilang dari peredaran di skuad The Golden Star.

Kemunculannya sempat tercatat pada Piala AFF 2020, tapi kembali absen lama di bawah asuhan Park Hang-seo. Kiprah Pham Xuan Manh kembali menyala setelah Philippe Troussier memanggilnya untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sejak saat itu, dia selalu mendapatkan kesempatan bermain dari pelatih asal Prancis itu. Pemain berusia 28 tahun ini bahkan selalu tampil sebagai starter pada empat laga terakhir, termasuk pada Piala Asia 2023.

Di level klub, kiprah pemain kelahiran 9 Februari 1996 ini dimulai bersama tim junior Song Lam Nghe An (SLNA FC). Dari sana, dia menimba ilmu selama kurang lebih tujuh tahun pada rentang 2008-2015.

Baru pada 2015, dia mendapatkan kesempatan untuk promosi ke tim utama. Dia akhirnya memperoleh posisi utama dan mengukir menit bermain yang reguler setelah menjalani masa peminjaman bersama CAND FC.

Setelah nyaris delapan tahun lamanya memperkuat SLNA FC dan mempersembahkan gelar Vietnam Cup 2017, Pham Xuan Manh akhirnya memutuskan hengkang menuju Hanoi FC pada 28 Agustus 2023.

Di level tim nasional, dia memang menjadi salah satu nama pemain yang dipromosikan oleh Park Hang-seo. Momen itu tepatnya ketika dia bergabung bersama Timnas Vietnam U-23 pada 2018.

Tim yang sukses meraih gelar runner-up Piala Asia U-23 2018 itu akhirnya menjadi tulang punggung masa depan Timnas Vietnam. Pada tahun 2018, dia juga mengukir debutnya bersama Timnas Vietnam saat menghadapi Yordania.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #pham #xuan #manh #pemain #vietnam #disorot #pakai #bedak #netizen #lehernya #belang

KOMENTAR