Maarten Paes Dapatkan US Green Card dari Pemerintah Amerika Serikat, Apakah Itu?
Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes saat memperkuat klubnya di Amerika Serikat, FC Dallas. [IG Maarten Paes]
16:36
9 Maret 2024

Maarten Paes Dapatkan US Green Card dari Pemerintah Amerika Serikat, Apakah Itu?

Calon kiper naturalisasi Indonesia, Maarten Paes, baru-baru ini mendapatkan US Green Card dari pemerintah Amerika Serikat. Apakah US Green Card itu?

Sebagaimana diketahui, belum lama ini Maarten Paes menjalani proses naturalisasinya dengan mengikuti rapat Komisi X DPR RI, Kamis (7/3).

Dalam rapat tersebut, Komisi X DPR RI menyetujui permohonan naturalisasinya bersama dengan dua pemain keturunan lainnya, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Usai mendapat persetujuan itu, nantinya Maarten Paes hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres), sebelum diambil sumpahnya menjadi WNI.

Setelah menjalani proses naturalisasinya itu, Maarten Paes pun mendapat kabar gembira, di mana dirinya telah memperoleh US Green Cards.

Dilansir dari laman resmi klubnya, FC Dallas, kiper berusia 25 tahun itu mendapat US Green Cards bersama dua rekan setimnya yakni Alan Velasco dan Katlego ‘Tsiki’ Ntsabeleng.

Lantas, apakah US Green Card yang baru didapatkan oleh Maarten Paes dari pemerintah Amerika Serikat tersebut?

Menjadi Penduduk Tetap Amerika Serikat

US Green Card atau biasa disebut Kartu Hijau sendiri merupakan sebuah dokumen identitas yang menunjukkan bahwa seseorang tinggal tetap di Amerika Serikat.

Dokumen ini diberikan kepada warga negara asing yang ingin tinggal atau bekerja secara permanen di wilayah Amerika Serikat.

US Green Card ini sama dengan KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap di Indonesia. Sehingga, pemegang dokumen ini hanya memiliki izin tinggal tetap tanpa perlu berganti kewarganegaraan.

Dengan kata lain, US Green Card ini membuat proses Maarten Paes menjadi WNI tak akan terganggu sama sekali, kendati dirinya menjadi penduduk tetap Amerika Serikat.

US Green Card akan memberikan banyak benefit bagi Maarten Paes. Dari dokumen tersebut, ia bisa mendapat izin tinggal dan bekerja serta mendapat perlindungan hukum dan layanan kesehatan di Amerika Serikat.

Di sisi lain, US Green Card yang didapatkan Maarten Paes dan dua rekan setimnya ini juga memberi keuntungan untuk klubnya, FC Dallas.

Pasalnya, US Green Card itu membuat Maarten Paes dan dua rekannya tidak lagi menempati slot pemain internasional di FC Dallas.

Alhasil, FC Dallas bisa menggunakan slot pemain internasionalnya untuk mendatangkan pemain lain pada bursa transfer yang akan datang.

Secara garis besar, US Green Card ini memberi keuntungan bagi Maarten Paes yang akan dinaturalisasi dan menjadi WNI.

Sebab, salah satu keuntungan US Green Card adalah bebas keluar masuk Amerika Serikat. Sehingga, saat Maarten Paes menjadi WNI, dirinya tak perlu lagi mengurus visa.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #maarten #paes #dapatkan #green #card #dari #pemerintah #amerika #serikat #apakah

KOMENTAR