12 Calon Pemin Naturalisasi Vietnam, dari Burnley hingga Union Berlin
Timnas Vietnam yang didominasi pemain muda dalam Piala Asia 2023 (the-afc.com)
19:36
18 Februari 2024

12 Calon Pemin Naturalisasi Vietnam, dari Burnley hingga Union Berlin

Vietnam punya cukup banyak daftar pemain yang bisa dinaturalisasi jelang laga melawan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC.

Tak tanggung-tanggung, total sekitar 12 pemain bisa dinaturalisasi membela Golden Star Warriors. Kebanyakan pemain tersebut juga bermain di Eropa.

Keputusan tinggal berada di tangan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Jika mereka tertarik, maka proses naturalisasi bisa segera dilakukan.

Vietnam sendiri sebetulnya sudah mulai melakukan naturalisasi. Salah satunya adalah Filip Nguyen yang sudah membela Vietnam di Piala Asia 2023.

Filip Nguyen dinaturalisasi jelang Piala Asia 2023. Jadi, terlihat jelas bahwa VFF kini tertarik menaturalisasi sejumlah pemain keturunan mereka.

Jika Filip Nguyen bisa menjadi pembuka jalan hadirnya pemain-pemain keturunan lain, maka persaingan di Asia Tenggara akan semakin ketat.

Pasalnya, sejumlah negara Asia Tenggara gencar melakukan naturalisasi. Malaysia misalnya yang memainkan lebih dari selusin pemain naturalisasi di Piala Asia 2023.

Kemudian ada Timnas Indonesia yang belakangan ini juga semakin getol mencari bakat-bakat pemain keturunan untuk dinaturalisasi.

Terbaru ada Jay Idzes yang sudah resmi menjadi WNI, kemudian ada Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang proses naturalisasinya segera rampung.

Adapun, para pemain yang bisa dinaturalisasi Vietnam beragam mulai dari kiper hingga penyerang dan kebanyakan berada di Eropa kendati tidak semua mentas di level teratas.

Salah satu yang punya profil mencolok adalah Brandon Ly yang punya darah Irlandia-Vietnam dan kini membela Burnley U-18.

Berikut 12 pemain yang bisa dinaturalisasi Vietnam:

Kiper
Partik Le Giang (HCMC – Vietnam)

Bek
Roberto Cittadini (Carrarese U-19 - Serie D Itali)
Dani Vo (Rakospalotai EAC Club - Hungaria)
Brandon Ly (Burnley - Inggris)
Jason Quang Vinh (Quevily-Rouen - Liga 2 Prancis)

Tengah
Alex Bui (Bohemians Praha 1905 U-19 - Ceko)
Damian Vu Thanh (GKS Olimpia Drydziadz - Polandia)
Do Nguyen Thanh Chung (Slavia Sofia - Bulgaria)
Julien Nguyen (Rayo Vallecano - Spanyol)

Depan
Kaelin Nguyen (Wellington Phoenix - Australia)
Kelvin Cao (Union Berlin U-19 – Jerman)
Ibrahim Maza (Hertha BSC - Jerman).

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #calon #pemin #naturalisasi #vietnam #dari #burnley #hingga #union #berlin

KOMENTAR