Cerita Kalvin Phillips Dibikin Hancur Pep Guardiola, Sakit Hati Dibilang Kegemukan!
Kalvin Phillips resmi gabung Manchester City. [doc. MCFC]
13:06
12 Februari 2024

Cerita Kalvin Phillips Dibikin Hancur Pep Guardiola, Sakit Hati Dibilang Kegemukan!

Gelandang Timnas Inggris, Kalvin Phillips, membuat pengakuan mengejutkan dengan menyebut dirinya dibikin hancur oleh komentar Pep Guardiola selama membela Manchester City.

Sebagaimana diketahui, bursa transfer musim dingin Januari 2024 kemarin terjadi transfer mengejutkan kala Manchester City melepas Kalvin Phillips ke West Ham United.

Gelandang Timnas Inggris tersebut dilepas ke West Ham dengan status pinjaman selama enam bulan atau hingga musim 2023/2024 berakhir.

Kepindahan ini terbilang mengejutkan karena Kalvin Phillips merupakan salah satu pembelian mahal Guardiola di Manchester City.

Pada musim panas 2022 lalu, gelandang berusia 28 tahun tersebut dipinang Manchester City dari Leeds United dengan mahar fantastis yakni 42 juta poundsterling (Rp828 miliar).

Nahas, transfer tersebut tak berbuah manis. Sejak bergabung Manchester City, Kalvin Phillips jarang mendapat menit bermain dari Guardiola.

Saat itu, Guardiola beralasan bahwa Kalvin Phillips dalam kondisi buruk yakni kegemukan, setelah pulang dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Meski perlahan kembali ke kondisi terbaiknya, tetap saja Kalvin Phillips jarang mendapat menit bermain dan hanya menghangatkan bangku cadangan Manchester City.

Tak ayal pada Januari 2024 ini, eks gelandang Leeds United tersebut memutuskan cabut dan menerima proposal peminjaman West Ham United.

Usai hijrah ke West Ham, Kalvin Phillips pun mulai buka-bukaan. Salah satunya tentang bagaimana Pep Guardiola menghancurkannya di Manchester City.

Sebut Guardiola Kelewatan

Dilansir dari The Guardian, Kalvin Phillips membuka masa-masa kelamnya di Manchester City sesaat setelah kepindahannya ke West Ham United.

Dalam pengakuannya, Kalvin Phillips menyebut bahwa Pep Guardiola menghancurkan kepercayaan dirinya karena menyebutnya kegemukan.

“Saya rasa, setelah Piala Dunia ( Qatar) adalah momen tersulit saya, ketika Pep (Guardiola) mengatakan saya kegemukan,” ucap Kalvin Phillips dikutip dari The Guardian, Senin (12/2).

“Dia (Guardiola) boleh mengatakannya, tapi ada cara lain untuk menyampaikannya. Saya bukannya tak sepakat dengannya, tapi tentu saja itu menjadi pukulan besar untuk kepercayaan diri saya,” lanjutnya.

Nyatanya, komentar Guardiola itu tak hanya membuat Kalvin Phillips hancur. Keluarganya bahkan merasa sakit hati dengan pernyataan pelatih Manchester City tersebut.

“Dan keluarga saya juga tidak senang dengan hal itu (komentar Guardiola). Terutama ibu saya,” tutup Kalvin Phillips.

Kalvin Phillips pun menjelaskan bahwa momen berat tersebut berasal dari salah paham antara dirinya dan Guardiola.

Menurutnya, ia tak mendapat informasi bahwa Manchester City akan melakukan uji coba. Sehingga, ia pulang ke klub sesuai jadwal yang ditentukan.

Namun saat itu, Guardiola justru ingin Kalvin Phillips melapor secepatnya setelah Piala Dunia 2022 agar bisa dilibatkan dalam pertandingan persahabatan sebelum musim 2022/2023 bergulir kembali.

Kalvin Phillips pun meyakini bahwa Guardiola kecewa terhadap dirinya, karena ia pulang ke Manchester City dengan kondisi 1,5 kg lebih berat dari target yang ditetapkan untuknya.

Meski kepercayaan dirinya hancur, Kalvin Phillips menyebut bahwa dirinya tetap profesional dan menghadapi situasinya dengan Guardiola selama di Manchester City.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #cerita #kalvin #phillips #dibikin #hancur #guardiola #sakit #hati #dibilang #kegemukan

KOMENTAR