Punya Nama Jawa Banget, Junior Rafael Struick Tak Bisa Bela Timnas Indonesia Gegara Ini
Junior dari Rafael Struick ini memiliki nama yang khas dengan orang Jawa yakni Irfan Karijowidjojo [Instagram]
09:00
5 Oktober 2024

Punya Nama Jawa Banget, Junior Rafael Struick Tak Bisa Bela Timnas Indonesia Gegara Ini

Satu lagi pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkarier di Liga Belanda. Pemain satu ini membela klub ADO Den Haag, mantan klub striker Timnas Indonesia, Rafael Struick.

Junior dari Rafael Struick ini memiliki nama yang khas dengan orang Jawa yakni Irfan Karijowidjojo. Ya Irfan adalah salah satu pemain keturunan Indonesia yang sempat jadi sorotan beberapa waktu ke belakang.

Saat ini Irfan berstatus sebagai pemain tim U-21 ADO. Ia naik kasta ke tim U-21 pada 1 Juli 2024 setelah sebelumnya merentas karier di tim akademi ADO.

Pada 2021, Irfan masuk ke tim akademi ADO Den Haag. Pemain berposisi gelandang serang ini terus tunjukkan penampilan konsisten hingga membuat tembus sampai ke tim U-18 ADO.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berpotensi Kehilangan Pemain Keturunan Rp260,72 Miliar

Irfan Karijowidjojo pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa. (Instagram/@irfanrkarijo)Irfan Karijowidjojo pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa. (Instagram/@irfanrkarijo)

Di tim U-18 ADO musim 2022/2023, Irfan satu tim dengan pemain keturunan Indonesia-Suriname, Roy Karsowidjojo. Di musim ini ia tembus ke tim U-21 dan satu tim dengan pemain keturunan Indonesia lainnya, Kane Miardjo.

Kane Miardjo merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Rotterdam, Belanda, pada 19 Agustus 2005 atau saat ini berusia 19 tahun.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Kane Miardjo memiliki darah keturunan Indonesia dari buyutnya.

Sama dengan Kane, Irfan pun punya keturunan Indonesia dari buyutnya. Kondisi ini yang membuat Irfan not eligible untuk bisa membela Tim Merah Putih.

Status Irfan ini sempat diungkap oleh Tenaga Ahli Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan.

Baca Juga: Media China Kena Rujak Suporternya Sendiri usai Bikin Laporan Timnas Indonesia Bakal Kalah 3-0

"Irfan di sisi lain, dia itu tidak eligible untuk dinaturalisasi. Karena, buyutnya yang merupakan keturunan Indonesia," kata Hamdan seperti dikutip.

Jika ditilik dari statistiknya, Irfan terbilang pemain muda yang cukup potensial. Ia telah mencetak 5 gol dari 52 penampilan bersama ADO U-19. 3 gol dicetaknya saat jadi gelandang serang dan sisanya saat di-plot sebagai gelandang sentral.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #punya #nama #jawa #banget #junior #rafael #struick #bisa #bela #timnas #indonesia #gegara

KOMENTAR