Mengenal Pelatih Bertangan Dingin Welber Jardim di Sao Paulo, Eks Pemain Juventus
Di Sao Paulo, Welber Jardim dilatih oleh sosok pelatih bertangan dingin yang punya rekam jejak mumpuni di pengembangan pemain muda Brasil.[Instagram]
15:18
28 September 2024

Mengenal Pelatih Bertangan Dingin Welber Jardim di Sao Paulo, Eks Pemain Juventus

Siapa pelatih Welber Jardim di Sao Paulo U-17? Tak banyak yang tahu bahwa pemain Timnas Indonesia U-20 itu dilatih oleh eks Juventus.

Welber Jardim saat ini tergabung di skuat Sao Paulo U-17. Welber menjadi salah satu talenta asing di tim itu. Hanya ada dua pemain asing di sana, Welber Jardim dan pemain Spanyol bernama Adrian Esquivel yang berposisi sebagai kiper.

Di Sao Paulo, Welber Jardim dilatih oleh sosok pelatih bertangan dingin yang punya rekam jejak mumpuni di pengembangan pemain muda Brasil.

Bek sayap keturunan Brasil milik Sao Paulo U-17, Welber Jardim segera membela Timnas Indonesia U-20. [Dok. IG Welber Jardim]Bek sayap keturunan Brasil milik Sao Paulo U-17, Welber Jardim segera membela Timnas Indonesia U-20. [Dok. IG Welber Jardim]

Sao Paulo U-17 saat ini dilatih oleh Clementino Fonseca de Aguiar Junior atau yang akrap disapa Menta. Sosok pelatih satu ini mungkin terdengar asing di pecinta sepak bola Indonesia, namun tidak di Brasil.

Baca Juga: Thierry Henry Rekan Welber Jardim di Sao Paulo: Punya Nilai Jual Rp1 Triliun

Menta sebelum jadi pelatih ialah pemain binaan akademi Sao Paulo. Menta sudah gabung ke Sao Paulo sejak 1991. Saat jadi pemain, ia berposisi sebagai seorang bek.

Kariernya bersama Sao Paulo pun terbilang cukup apik. Menta ialah bagian dari skuat Sao Paulo saat menjadi juara Copa Libertadores 1992.

Di skuat Sao Paulo 1992 saat itu dihuni sejumlah legenda Brasil seperti Cafu, Adilson dan Rai. Menta kemudian pindah ke Aracatuba pada 1993.

Ia kemudian sempat membela Figueirense dan Juventus SP. Menta gantung sepatu pada 2005 di klub Taboão da Serra.

Selama menjadi pemain, Menta mempersembahkan tiga gelar untuk Sao Paulo, yakni Campeonato Brasileiro 1991, CCampeonato Paulista: 1991, 1992 dan Copa Libertadores 1992.

Baca Juga: Pelatih Timor Leste Ungkap Dua Kemiripan Timnas Indonesia U-20 dengan Yaman

Kariernya sebagai pelatih dimulai saat ia memimpin Sao Paulo U-15 pada 2010. Kepiawaiannya melatih pemain muda membuat manajemen Sao Paulo begitu percaya pada Menta untuk melatih tim muda mereka.

Dari tim U-15, Menta terus melatih tim U-17 hingga U-20. Sejumlah gelar pun ia berikan seperti Copa do Brasil Sub-17 (2013 dan 2020), Copa Ouro Sub-17, U-16 Aspire Tri-Series,
Salvador Cup, Paulista Cup Sub-16, Campeonato Paulista Sub-15 dan Torneio Brasil-Japão Sub-15.

Sejumlah anak asuhnya pun saat ini bermain di kompetisi Eropa bersama klub top Eropa seperti Lucas Beraldo yang main di PSG.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #mengenal #pelatih #bertangan #dingin #welber #jardim #paulo #pemain #juventus

KOMENTAR