Jordi Amat Berdarah-darah Bela Timnas Indonesia, Erick Thohir Sentil Barisan Local Pride
Jordi Amat saat membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala Asia 2023 (pssi.org)
10:42
23 Januari 2024

Jordi Amat Berdarah-darah Bela Timnas Indonesia, Erick Thohir Sentil Barisan Local Pride

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir angkat topi dengan perjuangan Jordi Amat saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Meski berstatus pemain keturunan, bek berdarah Spanyol itu tampil mati-matian bahkan hingga berdarah-darah demi Merah Putih.

Perjuangan Jordi Amat disebut Erick Thohir sebagai bukti para pemain naturalisasi dan keturunan sangat serius membela Timnas Indonesia.

Dia pun menyentil pihak-pihak yang tak senang dengan para pemain keturunan di tubuh skuad Garuda atau yang belakangan biasa disebut sebagai "barisan Local Pride" oleh warganet.

"Ya itulah namanya patriotisme, itu yang saya bilang jangan pernah membedakan mana pemain yang ada Liga Indonesia, mana di liga luar negeri, jangan juga bedakan suku, agama, lahir di mana ya kan," kata Erick Thohir kepada awak media.

"Inilah yang namanya membangun tim, sebuah kesatuan kebersamaan yang bisa menghasilkan yang baik," sambungnya.

Dalam dua matchday pertama Grup D Piala Asia 2023, Jordi Amat harus berjibaku dengan rasa sakit dan cedera saat membela Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)

Ketika Indonesia kalah 1-3 dari Irak, Jordi Amat mengaku sampai kencing darah efek dari bertabrakan dengan kapten Asnawi Mangkualam.

Sementara pada matchday kedua di mana Garuda menang 1-0 atas Vietnam, Jordi Amat harus ditarik keluar setelah tulang kecil dibagian hidungnya patah akibat disikut pemain lawan.

Perjuangan Jordi Amat tak sia-sia. Timnas Indonesia kini memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setidaknya melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Skuad Garuda akan memainkan laga hidup mati kontra Jepang dalam matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu (24/1/2024).

Secara matematis, hasil imbang diyakini sudah cukup bagi Timnas Indonesia untuk mengamankan satu tiket 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

"Siapapun yang ingin membela Merah Putih, itulah Indonesia. Saya berharap tentu nilai2 yang disampaikan Jordi, ini juga bisa mengalir ke semua, tanpa melihat juga, kan kadang-kadang ada pemain sendiri yang kenapa saya tidak main, kita ini kan satu tim, jadi kita harus saling mengisi," terang Erick Thohir.

"Saya berterima kasih kepada Jordi dan saya berterima kasih kepada semua pemain yang mau mengorbankan kemarin liburannya untuk fokus tim nasional."

"Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga pemain yang rela melepaskan mereka juga untuk bekerja, berlatih selama liburan yang seharusnya bersama keluarga, tetapi mereka mau membawa Merah Putih," pungkasnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jordi #amat #berdarah #darah #bela #timnas #indonesia #erick #thohir #sentil #barisan #local #pride

KOMENTAR