Hadirnya 3 Serangkai Patungan Bayar Hosting Fee MotoGP Mandalika 2024, Wajah Indonesia Terselamatkan
Sejumlah pembalap memacu kendaraannya pada seri kedua MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). 
14:10
19 September 2024

Hadirnya 3 Serangkai Patungan Bayar Hosting Fee MotoGP Mandalika 2024, Wajah Indonesia Terselamatkan

- Solusi untuk mengatasi polemik pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 sebesar Rp231 miliar menghadirkan kombinasi 'tiga serangkai'.

Ada tiga pihak yang siap bersinergi untuk memastikan gelaran MotoGP Mandalika 2024 tidak menemui kendala.

Ketiga pihak tersebut meliputi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Lombok Tengah.

Baik Kemenpora dan Kemenparekraf akan membantu Pemerintah NTB melalui iuran untuk pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024.

Kabar baik ini disampaikan oleh Chairman MotoGP Mandalika 2024, Troy Reza Warokka.

Pembalap Prima Pramac Racing Spanyol Jorge Martin (kanan), dan Mooney VR46 Racing Team Pembalap Italia Luca Marini (Kiri) berkendara saat sprint race MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 14 Oktober 2023 . (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP) Pembalap Prima Pramac Racing Spanyol Jorge Martin (kanan), dan Mooney VR46 Racing Team Pembalap Italia Luca Marini (Kiri) berkendara saat sprint race MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 14 Oktober 2023 . (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP) (AFP/SONNY TUMBELAKA)

"Intinya ada dua Kementerian yaitu Kemenpora dan Kemenparekraf. Satu lagi adalah pemkab Lombok Tengah. Jadi ada tiga, nah ini semua komitmennya sudah disampaikan di media," terang Troy Warokka, dikutip dari TribunLombok.

"Kalau Kementerian BUMN dia tidak di situ tupoksinya," katanya menambahkan.

Selain itu Troy juga menjelaskan bahwa Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) masih terus membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan pembayaran hosting fee bisa di atasi dengan sebaik mungkin.

Di sisi lain, pihaknya juga akan memastikan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 tetap berjalan. Karena secara persiapan teknis, Sirkuit Mandalika sudah siap menyelenggaraan balapan bagi Marc Marquez cs.

Hosting fee MotoGP Mandalika 2024 menjadi polemik tersendiri. Sebab jika sebuah negara gagal melakukan pembayaran, maka Dorna berhak untuk membatalkan seri tersebut.

Kabarnya deadline pembayaran hosting fee di Indonesia untuk MotoGP 2024 kali ini ialah 27 September mendatang.

Namun Dorna Sports selaku promotor balap MotoGP juga masih ragu untuk mencoret Grand Prix Mandalika 2024 jika hosting fee belum dibayarkan pada batas waktunya.

Sebab jika dihapus, maka ada peluang besar bagi perusahaan asal Spanyol itu untuk membayar penalti ke sejumlah stasiun TV sebagai broadcaster penayangan ajang MotoGP

Mengingat dalam klausul kesepakatan, Dorna harus membayar penalti jika musim ini jumlah seri MotoGP 2024 kurang dari 20.

Optimis MotoGP Mandalika 2024 Tidak Batal

Disampaikan lagi oleh Troy Warroka, dirinya optimis ketakutan akan dicancelnya seri MotoGP Mandalika 2024 tidak akan terjadi.

"Jadi saya yakin masalah hosting fee ini bukan permasalahan yang berat, karena semua pihak akan ikut terlibat membantu kita."

Salah satu upaya untuk tetap melaksanakan balapan MotoGP Mandalika 2024 ialah melobi Dorna agar pembayaran hosting fee dilakukan setelah balapan rampung.

"Kita berharap hosting fee ini bisa kita bayar sebelum balapan, tapi kalaupun sesudah balapan juga tidak masalah," katanya.

Polemik hosting fee memang menjadi satu dari sekian banyak bahasan jelang gelaran MotoGP Mandalika 2024.

Masih ada masalah lesunya penjualan tiket, harga sewa hotel yang meroket 6-7 kali lipat, hingga mahalnya akomodasi perjalanan, menjadi penyebab mengapa Grand Prix Mandalika di tahun ketiganya memiliki problem yang pelik.

Bahkan isu yang beredar, penjualan tiket sejauh ini baru mencapai angka 50 ribu dari 150 ribu yang ditargetkan.

(Tribunnews.com/Giri)(TribunLombok/Sinto)

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin

Tag:  #hadirnya #serangkai #patungan #bayar #hosting #motogp #mandalika #2024 #wajah #indonesia #terselamatkan

KOMENTAR