MotoGP 2024 - Fabio Quartararo Tinggalkan Yamaha Andai Eks Kru Ducati Tak Datang
Fabio Quartararo Tinggalkan Yamaha Andai Eks Kru Ducati Tak Datang - Fabio Quartararo berbicara kepada media setelah latihan bebas kedua untuk Grand Prix MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring, pada 16 Juni 2023. 
10:40
19 September 2024

MotoGP 2024 - Fabio Quartararo Tinggalkan Yamaha Andai Eks Kru Ducati Tak Datang

- Fakta mengejutkan Fabio Quartararo yang menegaskan dirinya akan meninggalkan Yamaha pada musim ini jika tak ada perubahan signifikan di timnya.

El Diablo - julukan Quartararo, telah bersiap angkat koper mengingat pengembangan YZR-M1 terkesan lambat dan dirinya ingin kembali kompetitif.

Akan tetapi niat sang juara dunia MotoGP 2021 untuk membelot dari Yamaha tidak terealisasikan mengingat tim dengan logo garpu tala menghadirkan Direktur Teknis anyar.

Bahkan Dirtek yang dihadirkan oleh tim pabrikan asal Jepang tersebut mantan teknisi Ducati yang siap mengembangkan motor Yamaha.

Pengakuan Quartararo soal dirinya yang nyaris hengkang dari Yamaha diungkap lewat wawancara Youtube 'Legend' yang dikutip Crash.

Pembalap Monster Energy Yamaha asal Prancis Fabio Quartararo berkendara saat sesi latihan Grand Prix MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Buriram di Buriram pada 27 Oktober 2023. Pembalap Monster Energy Yamaha asal Prancis Fabio Quartararo berkendara saat sesi latihan Grand Prix MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Buriram di Buriram pada 27 Oktober 2023. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Dalam pengakuannya, Quartararo menyebutkan nama pembalap bintang, Valentino Rossi yang jadi ikon Yamaha jadi alasannya.

"Impian saya ketika masih kecil, adalah pergi ke sana (Yamaha) karena Valentino Rossi ada di sana," buka Quartararo.

"(Tapi) Saya siap untuk meninggalkan tim ini meskipun itu adalah tim impian saya, saya merasa siap untuk pergi (saat itu)," katanya menambahkan.

"Dan Yamaha telah melakukan beberapa perubahan besar. Mereka telah melakukan investasi besar dalam proyek ini, merekrut banyak insinyur baru."

"Sayangnya, Anda tidak bisa kembali ke puncak dalam waktu [beberapa] minggu atau bulan; saya pikir ini lebih seperti bertahun-tahun."

"Itulah yang membuat saya mengambil keputusan untuk bertahan di Yamaha, melihat pertemuan dengan orang-orang yang datang dari merek lain, yang mengerjakan proyek-proyek yang sangat besar.

"Itulah yang membuat saya mengambil langkah untuk memperpanjang kontrak dengan Yamaha untuk dua tahun ke depan," papar sang juara dunia.

Adapun eks teknisi Ducati yang hadir untuk membantu pengembangan Yamaha adalah Max Bartolini.

Max adalah salah satu alasan Quartararo ingin melanjutkan kariernya bersama Yamaha dua musim ke depan.

Terbukti selama musim 2024 Yamaha telah memanfaatkan keuntungan konsesi dan melakukan banyak tes untuk memperkenalkan item baru.

Upaya ini sangat berbeda dengan metode Yamaha sebelumnya yang cenderung ragu-ragu untuk melakukannya.

Hal itu kini meluas hingga Yamaha meninggalkan filosofi mesin inline-four dan beralih ke mesin V4 pada tahun 2025.

Meskipun ada kemajuan yang lambat untuk Yamaha pada tahun 2024, Quartararo mengakui bahwa penurunan performa tim asal Jepang itu sejak 2022 memang berdampak pada dirinya.

"Saya memiliki masalah dengan motor dan juga masalah mental, saya pikir," jelasnya.

"(Masa) Itu akan membuat Anda meragukan diri sendiri, berpikir, 'apakah ini saya, apa yang terjadi? Dalam dua tahun terakhir, kami tidak berkembang sama sekali, dan tim-tim lain telah membuat langkah besar ke depan."

"Saat ini, kami masih tertinggal, tapi saya pikir saya telah belajar banyak tentang tetap tenang dan yang terpenting [mencoba] membuat motor berkembang sebaik mungkin. Tapi memang benar bahwa secara mental itu tidak mudah," tukas rider nomor #22.

Dalam beberapa waktu terakhir Quartararo justru menunjukkan kemampuannya dalam melakukan time attack dengan M1 miliknya.

Hasilnya tidak mengecewakan. Hanya saja jika harus bersaing dengan motor-motor Eropa, M1 masih jauh perbandingannya.

Petualangan Quartararo bersama Yamaha musim ini masih akan berlanjut dan MotoGP Emilia Romagna 2024 adalah agenda terdekat.

Menarik dinantikan bagaimana kiprah El Diablo bersama Yamaha di sisa seri musim ini.

(Tribunnews.com/Niken)

Editor: Dwi Setiawan

Tag:  #motogp #2024 #fabio #quartararo #tinggalkan #yamaha #andai #ducati #datang

KOMENTAR