Hasil China Open 2024: Bekuk Chico, Anthony Ginting Tantang Rival Bebuyutan di 16 Besar
Anthony Sinisuka Ginting (kiri) berpose bersama Chico Aura Wardoyo setelah memenangi 'perang saudara' di China Open 2024. (Dok: PBSI)
16:46
17 September 2024

Hasil China Open 2024: Bekuk Chico, Anthony Ginting Tantang Rival Bebuyutan di 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting melangkah ke babak 16 besar China Open 2024. Kepastian itu didapat setelah dia memenangi 'perang saudara' melawan Chico Aura Dwi Wardoyo, 21-18, 21-17 pada Selasa (17/9) siang.

Meski hanya dua gim, kemenangan Anthony Ginting atas Chico Aura ini tidaklah mudah. Sebab, kedua pemain bertarung dengan cukup ketat, baik saat gim pertama maupun gim kedua dalam pertandingan yang berlangsung di Olympic Sports Centre Gymnasium, Changzhou, Tiongkok.

Anthony Ginting pun mengakui hal itu. Dia dan Chico sempat terlibat dalam kejar mengejar angka dan saling berbalas unggul. Pada gim pertama misalnya, Chico sempat unggul hingga 10-8. Namun, Ginting mampu membalikkan keadaan setelah jeda interval dan memenangkan gim.

"Hari ini pertandingan yang cukup ketat melawan Chico. Skornya kejar-kejaran, jarak antarpoin walau sempat unggul jauh atau tertinggal jauh tetap sama-sama tidak putus asa," kata Anthony Ginting dalam keterangan resmi PBSI.

Menurut Anthony Ginting, ketatnya pertarungan dia dengan Chico Aura tak lepas dari rutinitas mereka di Pelatnas PBSI Cipayung. Ya, mereka setiap hari berlatih bersama di bawah arahan Irwansyah.

"Kita sudah tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi tadi yang membedakan hanya penggunaan strategi yang tepat dalam mengatasi kondisi di lapangan," ucapnya.

Dengan hasil ini, Anthony Ginting berhak ke babak kedua atau 16 besar. Dia selanjutnya akan menantang andalan tuan rumah, Shi Yu Qi yang juga tunggal putra ranking satu dunia.

Shi Yu Qi bukanlah lawan baru untuk Anthony Ginting. Malah, pemain unggulan pertama turnamen tersebut termasuk salah satu musuh bebuyutannya. Mereka sejauh ini tercatat sudah 11 kali bentrok.

Hanya saja, rekor Anthony Ginting inferior setiap berjumpa dengan Shi Yu Qi. Dia hanya pernah menang dua kali dari 11 pertemuan itu. Tapi, dua kemenangan itu didapat dalam dua bentrokan terakhir mereka di BWF World Tour Finals 2023 dan Thomas Cup 2024.

Selain itu, Anthony Ginting juga punya modal cukup baik jelang pertarungan ke-12 dengan Shi Yu Qi, yakni berhasil melaju hingga babak semifinal di Hongkong Open 2024 pekan lalu.

Nah, Anthony Ginting berniat menjadikan hasil di Hongkong Open 2024 itu sebagai modal untuk berbicara banyak di China Open 2024.  "Lapangan di sini hampir sama dengan Hongkong Open kemarin, ada kalah-menang angin juga walau laju shuttlecock ada beda sedikit," katanya.

"Jadi saya mengingat lagi waktu di Hongkong seperti apa, cara berpikir, cara bermainnya plus lebih dijaga fokus dan ketenangannya," imbuh pemain asal Cimahi, Jawa Barat ini.

Sementara bagi Chico Aura, kekalahan dari Anthony Ginting membuat tren negatif dia berlanjut. Khususnya sejak pertengahan Maret, setelah French Open 2024, di mana Chico Aura selalu tersisih di babak pertama dan kedua.

"Hasil saya setelah French Open 2024 memang tidak bagus, tapi saya mau terus berusaha bangkit. Hal terpenting adalah mengembalikan kepercayaan diri di dalam lapangannya. Itu yang mesti saya temukan segera," katanya.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #hasil #china #open #2024 #bekuk #chico #anthony #ginting #tantang #rival #bebuyutan #besar

KOMENTAR