Perbasi Kembali Datangkan Eks Pelatih LeBron James dan Pemilik 3 Gelar NBA
PP Perbasi akan mendatangkan pelatih top Amerika Serikat Phil Handy. (Dimas Ramadhan/JawaPos.com)
21:16
11 September 2024

Perbasi Kembali Datangkan Eks Pelatih LeBron James dan Pemilik 3 Gelar NBA

Pengurus Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) kembali mengundang pelatih basket top Amerika Serikat, Phil Handy ke Indonesia. Mantan asisten pelatih Los Angeles Lakers dan Cleveland Cavaliers tersebut akan datang lagi ke Indonesia setelah terakhir pada 2022 lalu.

Dalam industri basket dunia, khususnya NBA, Phil Handy bukan nama sembarangan. Pelatih berusia 53 tahun ini tercatat sebagai finalis NBA sebanyak lima kali, masing-masing pada tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020. Selain itu, Phil Handy juga pernah meraih gelar juara NBA tiga kali di tahun 2016, 2019 dan 2020.

Pelatih kelahiran 24 Agustus 1971 tahun itupun  telah dikenal sebagai sosok yang mengasah kemampuan sejumlah pebasket top NBA dan dunia. Sebut saja almarhum Kobe Bryant, Anthony Davis, LeBron James, hingga Kyrie Irving yang diketahui masih bekerja sama dengannya sampai saat ini.

Nah Perbasi mendatangkan Phil Handy untuk memberikan pelatihan kepada para pebasket usia 14 sampai 18 tahun serta para pelatih. Program pelatihan Phil Handy di Jakarta rencananya berlangsung pada tanggal 25 hingga 28 September 2024.

Pada 25 September 2024, Phil Handy akan menjadi pemateri dalam coaches clinic. Peserta coaches clinic hanya untuk 50 peserta. Pelatih yang boleh mengikuti coaches clinic harus memiliki lisensi kepelatihan minimal lisensi B. 

Kemudian pada 26 dan 27 September 2024, Phil Handy akan memberikan ilmu kepelatihannya kepada anak-anak usia 14 hingga 18 tahun berupa coaching clinic di GBK Arena Senayan. Pemilihan usia ini ditetapkan agar peserta yang mengikuti sesi latihan PhilHandy ini memiliki dasar yang benar dalam bermain bola basket.

Selanjutnya pada 28 September 2024, Phil Handy akan hadiri acara meet and greet juga talkshow, yang berlangsung di OCBC Space BSD, Tangerang. 

Ini akan menjadi kunjungan kedua Phil.Handy ke Indonesia. Dia pernah berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu untuk membantu melatih timnas putri Indonesia dalam persiapan ke Asian Games 2022. 

Polesan dan bantuannya berhasil membuat para srikandi pertiwi Merah Putih menembus 8 besar pada Asian Games 2022 yang berlangsung pada 23 September-8 Oktober 2023 di Hangzhou, China. 

Kedatangan kembali Phil Handy ini merupakan salah satu gagasan dari mendiang ketum Perbasi periode 2019-2023, Danny Kosasih. Kebetulan juga, pelatih berkelas dunia itu memiliki kedekatan dengan manajer timnas basket putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja.

"Jadi saat itu kita lagi di Jepang. Tiba-tiba Phil kontak saya memberitahu ada waktu lagi untuk datang ke Indonesia. Dia tanya ada program gak di Indonesia. Kemudian Danny Kosasih bilang coba nanya mau gak latih anak-anak," terang Itop, sapaan Chrostopher dalam jumpa pers di Jakarta.

"Phil bilang ok, gak masalah. Tapi jangan yang tidak punya dasar basket. Dia mau yg sudah punya dasar bermain bola basket," tambah Itop.

Nah, untuk pemain dan pelatih yang ingin mengikuti coaching clinic bersama Phil Handy, wajib membayar biaya sebesar Rp3,5 juta/sesi untuk pemain dan Rp2,5 juta/sesi untuk pelatih. Nantinya ada empat sesi latihan untuk pemain muda dengan setiap sesi diikuti 35 orang dan untuk pelatih diikuti 50 orang.

Biaya tersebut lebih murah karena sebelumnya Perbasi mematok harga Rp5 juta/sesi untuk pemain. Tapi biaya tersebut akhirnya diturunlan karena Perbasi mendapatkan bantuan dan dukungan dari pihak swasta alias sponsor OCBC.

Pendaftaran peserta latihan basket bersama Phil Handy baru akan dibuka Perbasi pekan depan. “Kita harapkan prestasi bola basket Indonesia semakin berkembang dengan baik dan yang pasti industri olahraga juga mendapatkan ruang yang luas,” tutur Plt Ketum PP PERBASI Ardima Rama Putra.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #perbasi #kembali #datangkan #pelatih #lebron #james #pemilik #gelar

KOMENTAR